Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

PT ARA Indonesia Konsultan Perekrutan Pengurus Baru YPMAK Periode 2024-2029


Pembina,Pengawas dan Panitia Seleksi perekrutan pengurus YPMAK periode 2024-2029 menggelar konferensi pers., Jumat, 31-5-2024.(Miskan/YPMAK)

Masa kerja Pengurus Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) periode tahun 2019-2024 segera berakhir pada Desember 2024 mendatang.

Dengan berakhirnya masa jabatan itu, Pembina YPMAK membentuk panitia seleksi (pansel) perekturan pengurus baru dan mencari konsultan pendamping dalam proses seleksi pengurus baru periode kedua tahun 2024-2029.

Pada, Jumat (31/5/2024) sore di Kantor YPMAK, Jalan Yos Sudarso, tahapan awal perekrutan dimulai dengan konferensi pers yang dihadiri oleh Pembina YPMAK dari perwakilan PT Freeport Indonesia, Pemerintah Kabupaten Mimika, Lemasa, Lemasko, dan panitia seleksi.

Ketua pembina YPMAK dari PTFI, Engel Enoch mengatakan masa jabatan pengurus YPMAK periode 2019-2024 akan berakhir pada tanggal 18 Desember 2024.

Lanjutnya dalam keputusan rapat pembina pada tanggal 8 Desember 2023 telah diputuskan membentuk panitia seleksi pengurus YPMAK Periode 2024-2029.

“Jadi pansel ini berjumlah 7 orang dengan masa kerja selama satu tahun sampai Desember 2024,” kata Engel dalam jumpa pers itu.

Ia menyebut, tim pansel telah disetujui oleh pembina YPMAK dengan untuk menyiapkan segala sesuatu dan tahapan seleksi nantinya.

Adapun nama 7 orang pansel tersebut yakni perwakilan PTFI, Rachel Lorenzen, Paul Laly perwakilan Mind-Id, Anace Hombore, perwakilan pemerintah Kabupaten Mimika, dan Christian Kainama, perwakilan Lemasko.

Kemudian Krinus Kum, perwakilan Lemasa, Lili Hasanuddin, perwakilan Nirlaba, dan Hary Febriansyah perwakilan profesional.

“Jadi pansel ini diputuskan sejak awal Desember 2023 lalu telah melakukan beberapa tahapan pekerjaan seperti, membuat dan menetapkan tata-tertib dan jadwal kerja dari pansel, melakukan seleksi secara profesional terhadap perwakilan unsur nirlaba dan profesional untuk melengkapi susunan anggota pansel.”

Lanjutnya, kami juga lakukan proses pembuatan ToR, pengumuman di media, dan seleksi terhadap konsultan perekrutan yang akan membantu pansel untuk melakukan proses seleksi bakal calon pengurus YPMAK Periode 2024-2029,” jelasnya.

Ia mengatakan, proses seleksi telah dilakukan dengan baik dan hasil seleksi telah ditetapkan oleh pembina YPMAK yaitu PT. Ara Indonesia sebagai konsultan perekrutan pengurus YPMAK.

Kata Engel, pengurus YPMAK periode 2024-2029 yang akan diseleksi dan dipilih berjumlah 4 orang sesuai anggaran dasar YPMAK yaitu seorang ketua atau direktur, dua orang wakil ketua atau wakil direktur dan satu orang sekretaris.

“Ini berdasarkan anggaran dasar dan peraturan yayasan posisi ketua atau direktur wajib berasal dari suku Amungme dan Kamoro. Sedangkan untuk 3 posisi lainnya dipilih berdasarkan urutan prioritas yaitu suku Amungme atau Kamoro, 5 suku kekerabatan seperti Damal, Dani, Mee, Moni, dan Nduga), dan terakhir orang asli Papua,” katanya.

Ia menyebut, keseluruhan pengurus YPMAK adalah 5 orang. Untuk posisi bendahara sesuai dengan anggaran dasar YPMAK ditunjuk oleh pihak donor yaitu PTFI.

Kemudian pansel akan dibantu konsultan perekrutan PT. Ara Indonesia akan mengajukan detail jadwal proses perekrutan termasuk namun tidak terbatas pengumuman, pendaftaran seleksi calon kandidat Pengurus YPMAK periode 2024-2029 kepada Pembina pada bulan Juni 2024 untuk diputuskan dan selanjutnya akan dilaksanakan oleh pansel.

“Semua proses pelaksanaan perekrutan Pengurus YPMAK akan disampaikan secara reguler oleh pansel melalui website YPMAK, surat kabar lokal dan nasional, dan media sosial YPMAK,” katanya.

Engel juga meminta semua pihak  untuk mendukung kerja pansel untuk suksesnya proses seleksi dan pemilihan pengurus YPMAK Periode 2024-2029.

“Aturan seleksi sesuai anggaran dasar anggaran rumah tangga jelas jadi pansel akan memilih calon berkompeten dan tentu memiliki pengalaman,” katanya.

Ditanya soal apakah direktur yang sebelumnya adalah dari suku Amungme dan apakah tahun ini dari suku Kamoro, Engel menjawab semua sesuai aturan.

“Jadi setiap orang punya hak baik dari Amungme dan Kamoro jadi akan diseleksi dengan baik untuk memimpin yayasan ini lebih baik kedepan. Kami serahkan semua ke pansel,” ungkapnya.

Kata Engel perekrutan ini juga akan diumumkan secara terbuka bahkan pada pelantikan nantinya.

“Kami PTFI mendukung pansel selama proses seleksi dan orang Amungme Kamoro berhak mendaftarkan diri dalam tahapan seleksi,” katanya.

Tambahnya, seleksi ini terbuka untuk umum agar melahirkan regenerasi pemimpin orang asli Papua dari suku Amungme dan Kamoro sesuai kriteria ditentukan pansel.

“Kalau untuk pengumuman pembukaan seleksi bakal dilakukan pada bulan Juli ini. Nanti kami publikasikan jika pansel sudah siap,” tandasnya.

Sementara Anace Hombore perwakilan Pemda Mimika menambahkan, tujuan utama melakukan seleksi adalah untuk memilih 4 anggota pengurus YPMAK.

Adanya konsultan, menurutnya bukan karena Pansel tidak mampu, tetapi harus ada pihak lain yang berkompeten membantu dalam proses pemilihan.

“Karenanya dalam perekrutan konsultan dilakukan pengumuman secara resmi, tidak hanya di Papua tetapi nasional. Terbukti sekitar 22 lembaga yang mendaftar dan terpilih 1. Selain dengan adanya konsultan itu, pemilihan pengurus YPMAK tidak memihak dan terkesan nepotisme,” ungkapnya. (miskan)

.

1,210 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK



Publikasi Terbaru



Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

YPMAK News


Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika