Pengurus Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) periode 2024-2029 menjalani pelatihan certified professional service management (CPSM)”.
Dalam pelatihan ini, Pembina YPMAK bekerjasama dengan Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung.
Ketua Pansel Pelatihan Emanuel Parorongan mengatakan, Pansel merupakan perpanjangan tangan dari pembina YPMAK untuk mengimplementasikan proses pelatihan terhadap pengurus YPMAK terpilih periode 2024-2029.
Pelatihan yang berikan adalah paket pelatihan ‘manegerial development program’. Dimana dalam program itu ada sertifikasi CPSM.
“Kami sangat bersyukur karena telah memberikan kesempatan kepada pengurus YPMAK terpilih. Yang mana pelatihan ini akan jadi bekal dalam menjalankan roda YPMAK untuk mencapai visi dan misi,” kata Emanuel, Selasa (25/9/2024).
Kata dia, dari pelatihan ini pihaknya mengharapkan bisa berjalan dengan baik sesuai kesepakatan antara pihak Pansel dengan UNPAD Bandung bahwa materi pelatihan akan dilakukan dengan metode yang luar biasa.
Metode materi yang disampaikan pun diharapkan dengan cara unik, menyenangkan, dan tidak membuat tegang peserta. Sehingga apa yang materi bisa terserap dengan baik, serta apa diharapkan bisa berjalan dengan baik.
“Apabila ada hal-hal yang bisa dikoordinasikan agar berjalan dengan baik, maka untuk tidak ragu dan sungkan mengkomunikasikan dengan Pansel. Sehingga materi bisa diaplikasikan dalam pelaksanaan program kerja untuk mencapai visi dan misi YPMAK,” ujarnya.
Pada pelatihan CPSM ini, pengurus YPMAK terpilih mendapatkan materi tentang peranan pelayanan prima. Dimana pengertian pelayanan prima adalah pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan atau masyarakat ataupun pemangku kepentingan.
Dari pengertian itu, maka harus dipahami tentang konsep dan tantangan pelayanan prima. Dimana konsep pelayanan prima tersebut menyangkut ‘attitude’ (sikap), ‘attention’ (perhatian), dan ‘action’ (tindakan).
Apabila dijelaskan lagi, attitude itu mencakup melayani pelanggan berdasarkan penampilan yang sopan dan serasi. Serta berpikiran positif, logis, dan sikap menghargai.
Attention memiliki pengertian, mendengarkan dan memahami (kebutuhan masyarakat), mengamati dan menghargai (perilaku masyarakat), serta mencurahkan perhatian.