Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Dua Aspirasi Demo Aliansi Pemuda Amungsa Diakomodir YPMAK

Rabu, 03 Juli 2024
Aliansi Pemuda Amungsa ketika memberikan keterangan saat konferensi pers, Selasa (2/7/2024). (IST)

TIMIKA – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Divisi Pendidikan menjawab tuntutan atau aspirasi Aliansi Pemuda Amungsasaat melakukan aksi demonstrasi di kantor YPMAK  pada  Juni lalu.

Dari 7 aspirasi, dua diantaranya telah dijawab oleh YPMAK setelah melalui rapat pengurus dan pembina yakni meminta seleksei calon beasiswa secara transparan dan bermitra dengan universitas negeri di Indonesia.

Koordinator aksi Aliansi Pemuda Amungsa, Ulin Sefrianus Tipagau mengatakan, aspirasi telah disampiakan ke pihak YPMAK pada, Kamis (6/7/2024) lalu di mana hari ini telah menemukan titik terang.

“Kami korlap tujuh suku mengapresiasi pengurus YPMAK mulai dari direktur hingga pembina dalam hal ini PTFI terlebih khusus Divisi Pendidikan yang telah mengakomodir aspirasi kami,” kata Ulin di Hotel Horison Ultima, Senin (1/2/2024) lalu.

Ia menjelaskan, aspirasi sudah terjawab sesuai dan dan pihaknya telah mengikuti prosedur yang ada seperti tahapan seleksi dari beberapa universitas.

“Kami ucapkan terimakasih karena berkat usaha dan kerja keras Aliansi  Pemuda Amungsa tuntutan ini bisa diterima,” ujarnya.

Sementara pengurus Aliansi Pemuda Amungsa, Hellois M Kemong mengungkapkan bahwa, selama ini dirinya baru melihat penerimaan peserta beasiwa YPMAK secara transparan.

“Ini merupakan terobosan baru YPMAK karena telah melihat anak-anak tujuh suku. Saya harap kedepan bisa lebih baik agar adik-adik dapat semangat melanjutkan pendidikan yang sangat penting ini,” ucapnya.

Menurut dia,  kendala penerimaan peserta beasiswa sesuai yang dijelaskan YPMAK  lantaran tingkat kelulusan mahasiswa sangat sedikit sehingga berpengaruh pada perekrutan calon peserta mahasiswa baru.

“Jadi saya harap buat saudara-saudara saya saat ini tengah menempuh pendidikan agar bisa melihat jangka waktu studi lima tahun harus selesai sehingga generasi berikut bisa mendaftar.”

“Kawan-kawan tetap kuliah tetapi harus memperhatikan target yang ditentukan YPMAK sehingga tak ada lagi keributan bagi adik-adik yang ingin kuliah dengan kuota ditentukan YPMAK,” sambungnya.

Sebelumnya Kadiv Program Pendidikan YPMAK, Feri Magai Uamang  ketika bertemu dengan koordinator aksi Aliansi Pemuda Amungsa mengatakan bahwa 7 aspirasi ini telah diterima YPMAK dan telah dibahas oleh pembina dan pengurus YPMAK.

“Dua poin diakomodir yakni, meminta seleksi calon beasiswa secara tranparan dan bermitra dengan universitas negeri di Indonesia” kata Feri. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Tututan Diterima YPMAK, Begini Harapan Korlap dan Pengurus Aliansi Pemuda Amungsa, https://papua.tribunnews.com/2024/07/02/tututan-diterima-ypmak-begini-harapan-korlap-dan-pengurus-aliansi-pemuda-amungsa.

 

856 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika