Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Lowongan Pengurus YPMAK 2024-2029

Kamis, 13 Juni 2024

Pengumuman Seleksi Pengurus Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro Periode 2024-2029

Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (“YPMAK”) membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik untuk bergabung sebagai Pengurus YPMAK.

Kami mencari individu-individu yang berkompeten dan berdedikasi tinggi untuk mengisi posisi strategis di Yayasan kami.

Dengan Persyaratan umum sebagai berikut:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Memiliki Kepemimpinan Internal: kemampuan untuk memimpin dan mengendalikan organisasi, program dan sumber dava manusia, sesuai visi dan misi
  3. Memiliki kepemimpinan eksternal: hubungan baik dengan para Pemangku Kepentingan (stakeholder) dan masyarakat dan mitra sesuai visi dan misi
  4. Wajib mengikuti kepatuhan Anggaran Dasar, Peraturan Yayasan, Pakta Integritas, Kode Etik, dan Peraturan Yayasan lainnya
  5. Tidak memiliki catatan kriminal berdasarkan putusan pengadilan (termasuk penggelapan dana) – akan menjadi syarat dalam seleksi tahap akhir
  6. Bersedia melepas jabatan Publik Pemerintah, maupun Perusahan Publik, Ketua Yayasan atau Lembaga Adat, Ketua Perkumpulan Gereja, Ketua Umum Partai Politik, dll jika terpilih.
  7. Bersedia tidak menerima kompensasi di yayasan jika tidak melepas jabatan di Yayasan/Lembaga/Perusahaan lainnya
  8. Bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil
  9. Mampu bekerja dalam tekanan dan mengatasi masalah

Posisi berikut merupakan pekerjaan penuh waktu dan mendapatkan paket gaji/gaji dan kompensasi yang menarik.

Ini adalah posisi-posisi untuk memimpin organisasi nirlaba cukup besar yang membutuhkan alokasi waktu penuh. Kandidat harus bebas dari kepentingan politik praktis serta tidak sedang aktif tercatat sebagai anggota ASN, TNI/POLRI, Pejabat Eksekutif, Legislatif atau Pengurus Partai Politik, dan sejenis lainnya.

Periode Pendaftaran Peserta: 13 Juni 2024 dan diperpanjang hinga 2 Juli 2024 pukul 23.59 WIT

Berikut adalah posisi yang tersedia beserta kriteria yang dibutuhkan:

Posisi dan Kriteria Lengkap

1. Ketua Pengurus (Direktur)

A.  Kriteria wajib:

  1. Harus berasal dan merupakan orang asli dari Suku Amungme atau Kamoro;
  2. Minimal pendidikan S1/sederajat dari perguruan tinggi yang terakreditasi atau minimal pendidikan SMA dengan pengalaman kerja di organisasi sosial/sejenisnya minimal 15 tahun atau menduduki posisi manajerial minimal 10 tahun;
  3. Terbiasa menggunakan perangkat kerja (program komputer Word, Excel, PowerPoint, printer, dsb).

B.  Kriteria tambahan:

  1. Memiliki pengalaman kerja di organisasi sosial/sejenisnya minimal 5 tahun atau menduduki posisi manajerial minimal 5 tahun;
  2. Memiliki jaringan untuk mengembangkan kemitraan dan mampu membangun hubungan dengan mitra dan Para Pemangku Kepentingan;
  3. Memiliki sifat kepemimpinan, kemampuan beradaptasi dan toleransi, serta etos kerja yang tinggi;
  4. Mahir berkomunikasi dengan baik di internal maupun dengan pihak eksternal termasuk masyarakat akar rumput, pemerintah, mitra, dan donor;
  5. Memiliki karisma dan diterima dengan baik oleh masyarakat Amungme dan Kamoro;
  6. Mampu bekerja sama dengan Pembina dan Pengawas Yayasan untuk mengembangkan kebijakan, prosedur, dan sistem yang diperlukan oleh Yayasan;
  7. Mampu bekerja sama dengan Pembina, Pengawas dan Karyawan Yayasan untuk memastikan adopsi dan kepatuhan terhadap nilai-nilai yang sesuai dan standar etika dalam semua bisnis pondasi;
  8. Mencegah dan mengelola masalah etika dan konflik kepentingan saat masalah tersebut muncul;
  9. Melakukan tugas-tugas lain sebagaimana ditugaskan oleh Pembina.
2. Wakil Ketua Pengurus Perencanaan Program (Wakil Direktur Perencanaan Program)

A. Kriteria wajib:

  1. Profesional, prioritas pertama berasal dan merupakan orang asli dari Suku Amungme atau Kamoro, prioritas kedua berasal dan merupakan orang asli dari salah satu diantara 5 (lima) Suku Kekerabatan, yakni Suku Dani, Damal, Mee, Moni, Nduga, dan prioritas ketiga berasal dan merupakan orang asli Papua lainnya;
  2. Minimal pendidikan S1/sederajat dari perguruan tinggi yang terakreditasi;
  3. Terbiasa menggunakan perangkat kerja (program komputer Word, Excel, PowerPoint, printer, dsb).

B. Kriteria tambahan;

  1. Memiliki pengalaman kerja di organisasi sosial/sejenisnya selama 10 tahun atau menduduki posisi manajerial selama 5 tahun;
  2. Memiliki jaringan untuk mengembangkan kemitraan dan mampu membangun hubungan dengan mitra dan pemangku kepentingan;
  3. Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam merencanakan program secara teknis dan non-teknis;
  4. Memiliki kemampuan menerjemahkan rencana strategis ke dalam bentuk program/kegiatan;
  5. Pengalaman dalam melakukan pemantauan kegiatan, evaluasi program, dan membuat laporan;
  6. Memahami dan dapat mengolah data dengan menggunakan statistik (memiliki kemampuan analisa kuantitatif dan kualitatif);
  7. Mampu membuat penilaian/pengukuran kinerja program/kegiatan berdasarkan Renstra (termasuk analisis biaya/cost analysis);
  8. Memiliki kemampuan analisa kritis.
3. Wakil Ketua Pengurus Pemantauan dan Evaluasi Program (Wakil Direktur Pemantauan dan Evaluasi Program)

A. Kriteria wajib:

  1. Profesional, prioritas pertama berasal dan merupakan orang asli dari Suku Amungme atau Kamoro, prioritas kedua berasal dan merupakan orang asli dari salah satu diantara 5 (lima) Suku Kekerabatan, yakni Suku Dani, Damal, Mee, Moni, Nduga, dan prioritas ketiga berasal dan merupakan orang asli Papua lainnya;
  2. Minimal pendidikan S1/sederajat dari perguruan tinggi yang terakreditasi;
  3. Terbiasa menggunakan perangkat kerja (program komputer Word, Excel, PowerPoint, printer, dsb).

B. Kriteria tambahan;

  1. Memiliki pengalaman kerja di organisasi sosial/sejenisnya selama 10 tahun atau menduduki posisi manajerial selama 5 tahun;
  2. Memiliki jaringan untuk mengembangkan kemitraan dan mampu membangun hubungan dengan mitra dan pemangku kepentingan;
  3. Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam merencanakan program secara teknis dan non-teknis;
  4. Memiliki kemampuan menerjemahkan rencana strategis ke dalam bentuk program/kegiatan;
  5. Pengalaman dalam melakukan pemantauan kegiatan, evaluasi program, dan membuat laporan;
  6. Memahami dan dapat mengolah data dengan menggunakan statistik (memiliki kemampuan analisa kuantitatif dan kualitatif);
  7. Mampu membuat penilaian/pengukuran kinerja program/kegiatan berdasarkan Renstra (termasuk analisis biaya/cost analysis);
  8. Memiliki kemampuan analisa kritis.

 

4. Wakil Ketua Pendukung (Sekretaris)

A. Kriteria wajib:

  1. Profesional, prioritas pertama berasal dan merupakan orang asli dari Suku Amungme atau Kamoro, prioritas kedua berasal dan merupakan orang asli dari salah satu diantara 5 (lima) Suku Kekerabatan, yakni Suku Dani, Damal, Mee, Moni, Nduga, dan prioritas ketiga berasal dan merupakan orang asli Papua lainnya;
  2. Minimal pendidikan S1/sederajat dari perguruan tinggi yang terakreditasi; dan
  3. Terbiasa menggunakan perangkat kerja (program komputer Word, Excel, PowerPoint, printer, dsb).

B. Kriteria tambahan:

  1. Memiliki pengalaman kerja di organisasi sosial/sejenisnya selama 10 tahun atau menduduki posisi manajerial selama 5 tahun;
  2. Mahir berkomunikasi dengan baik di internal maupun dengan pihak eksternal;
  3. Memiliki kemampuan mengelola SDM;
  4. Memiliki kemampuan administrasi umum (membuat surat, korespondensi, dan dokumen) dan Rumah Tangga Yayasan; dan
  5. Memiliki kemampuan dalam mengorganisir administratif dalam tata kelola Yayasan.

Bagi Ibu/Bapak yang tertarik dan berminat untuk melamar, dapat mendaftar dengan cara mengunggah dan mengisi data seperti yang telah dipersyaratkan dibawah ini:

Syarat Pengurus YPMAK

NoDokumenKewajibanUkuran File (Maksimal)/Bentuk FileDokumen * dapat diperoleh diKeterangan
1KTPWajib1 Mb / PdfDisdukcapilLihat contoh
2Kartu KeluargaWajib1 Mb / PdfDisdukcapilLihat contoh
3Surat PernyataanWajib1 Mb / PdfFormat terlampirDownload format disini
4Surat Keterangan Pengadilan yang masih berlakuWajib1 Mb / PdfPengadilan NegeriLihat contoh
5Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlakuWajib1 Mb / PdfKepolisianLihat contoh
6Surat Keterangan Bebas Narkoba yang masih berlakuWajib1 Mb / PdfBNNLihat contoh
7Ijazah Pendidikan S1 (Untuk Jabatan Direktur dapat melampirkan ijazah SMA/sederajat apabila belum S1)Wajib1 Mb / PdfLembaga/Instansi terkaitLihat contoh
8Sertifikat Kursus/Pelatihan/Kompetensi yang RelevanJika Ada5 Mb / PdfLembaga/Instansi terkaitLihat contoh
9Ijazah Pendidikan S2 & S3Jika Ada1 Mb / PdfLembaga/Instansi terkaitLihat contoh
10Surat Pengalaman KerjaJika Ada1 Mb / PdfLembaga/Instansi terkaitLihat contoh
11Form Pengalaman KerjaBagi yang memiliki pengalaman lebih dari 3 pengalaman kerja5 Mb / Pdf
Format terlampirDownload format disini

Silakan lengkapi dan unggah dokumen yang diminta sesuai dengan posisi yang dilamar melalui Google Form berikut:

https://bit.ly/SeleksiYPMAK

CATATAN:

  • Biaya pengadaan dokumen pendaftaran ditanggung oleh masing-masing peserta.
  • Apabila dokumen wajib tidak dilampirkan atau tidak sesuai persyaratan maka berkas lamaran tidak diikutsertakan dalam proses seleksi.
  • Pendaftaran atau pemasukan dokumen lewat dari 2 Juli 2024 jam 23.59 WIT dianggap gugur.

Dapat melamar untuk maksimal dua posisi jabatan, dipilih dalam google form.

HELPDESK

Kami juga menyediakan layanan Helpdesk pada jam 09.00-12.00 dan 13.00-15.00 pada hari kerja (tanggal merah libur).

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Helpdesk pada Whatsapp nomor berikut:

[+62 852-9538-9182].

Hanya peserta yang lulus seleksi administrasi/screening akan dihubungi melalui Telepon/WhatsApp.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasinya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Anggaran Dasar YPMAK dan Ringkasan Eksekutif Rencana Strategis YPMAK, Anda dapat mengunduh dokumen-dokumen berikut:

  1. Anggaran Dasar YPMAK
  2. Ringkasan Eksekutif Rencana Strategis YPMAK
4,115 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika