Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

HUT ke-4 YPMAK, Bekerja untuk Tuhan Bukan Manusia

Selasa, 19 Desember 2023
Pembina, Pengawas dan Pengurus YPMAK foto bersama karyawan dan karyawati YPMAK.

TIMIKA – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), selaku pengelola dana kemitraan PT. Freeport Indonesia, menggelar ibadah syukur ulang tahun yang ke-4, dirangkaikan dengan perayaan Natal YPMAK. Kegiatan bertema ‘Komitmen Penuh Memberi Manfaat’ itu digelar di aula MPCC, Jalan Agape, pada Senin (18/12/2023).

Ibadah dipimpin oleh Pendeta Hellen Lopulalan, yang membawakan nats perenungan Firman Tuhan terambil dari kitab Kolose 3 ayat 23, ‘Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia’.

Dalam khotbahnya, Pendeta Hellen mengajak karyawan-karyawati YPMAK untuk bekerja dengan sepenuh hati dan bermotivasi yang baik.

“Bekerjalah dengan cinta, bekerja dengan sepenuh hati. Ketahuilah pekerjaan yang dilakukan dengan cinta, makin mendalam maknanya. Cinta Tuhan Yesus Kristus terwujud dalam pekerjaan dan pelayanan kita kepada sesama,” ujarnya.

Menurutnya, bekerja dengan baik merupakan sebuah pilihan, apakah mau bekerja dengan sepenuh hati atau tidak. Ia mengajak semua untuk memilih bekerja sepenuh hati, karena bukan untuk manusia ataupun pimpinan, tapi sepenuhnya untuk kemuliaan Tuhan.

“Lewat PTFI dan YPMAK, Tuhan bekerja, sehingga manfaat diterima masyarakat,” tandas khotbah Pdt. Lopulalan.

Di kesempatan yang sama, Direktur YPMAK, Vebian Magal mengatakan ia bersyukur YPMAK dapat melewati masa transisi dengan sangat baik sampai di tahun ke-4, sehingga YPMAK terus menjalankan program pelayanannya.

“Luar biasa tim keluarga besar YPMAK. Saya sebagai pimpinan merasa punya tim yang luar biasa. Dari awal 2019, transisi dari lembaga ke yayasan, penyesuaian dibuat dengan ada gesekan sosial, tuntutan dari mana-mana, tapi aman-aman saja sampai di tahun keempat,” sebutnya.

Vebian mengajak semuanya untuk menjadikan momen Hari Raya Natal ini, sebagai kesempatan untuk berdamai dengan diri sendiri dan sesama, sehingga program pemberdayaan YPMAK bisa berjalan lebih maksimal di waktu ke depan.

“Mari kita hadirkan Yesus dalam hati kita. Momen Natal ini saling memaafkan satu sama yang lain, dan memaafkan diri sendiri. Kita mempersiapkan diri masuk ke tahun yang ke-4, kita memberikan pelayanan secara maksimal,”

Ia juga mengimbau para pekerja di YPMAK menerapkan ajakan khotbah dalam ibadah syukur itu. “Kita lihat masyarakat yang datang, itu kita melayani Tuhan. Sehingga bukan karena tugas, bukan karena asal pimpinan senang, tapi benar-benar dengan hati kita untuk menjawab setiap keluhan masyarakat,” pesannya.

Ungkapan apresiasinya kepada PT. Freeport Indonesia yang terus berkomitmen menjalankan program tanggung jawab sosial, lewat YPMAK. “Terima kasih banyak untuk Freeport karena selalu support dalam menjalankan yayasan ini. Dinamika hal yang biasa. Terus kita tingkatkan pelayanan kita, saling support sehingga tahun ini jadi lebih baik dari tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Sambutan perwakilan PT Freeport Indonesia, Vice President Government Relation, Jonny Lingga, yang juga sebagai Ketua Badan Pembina YPMAK mengatakan, YPMAK tak terlepas dari cikal bakalnya, LPMAK, yang sudah ada sejak 27 tahun silam. Menurutnya, pelayanan YPMAK sudah banyak menuai prestasi.

“Bukan lagi anak-anak, tapi seorang muda yang gagah karena akarnya LPMAK dari 27 tahun yang lalu. Memang sudah banyak prestasinya. Siapa yang tidak kenal YPMAK di Mimika, Papua dan di Indonesia? Salah satu yayasan yang mengelola dana kemitraan yang paling besar di Indonesia. Kerja keras hasil yang diperoleh YPMAK selama ini, selain berkat dari Tuhan tapi juga hasil kerja keras kita semuanya,” tuturnya.

Lagi katanya, ia juga mengimbau agar dalam budaya kerja menerapkan nilai Firman Tuhan dalam Roma 12 ayat 10, ‘Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat’.

“Ada satu ayat yang menjadi prinsip saya dalam bekerja, yaitu di dalam Roma 12 ayat 10. Jangan tunggu dihormati dulu baru hormati orang lain. Senyum duluan, sapa duluan, kerja duluan jangan tunggu orang lain. Saling menghormati dan saling melayani, tidak ada yang egois. Kalau kita tidak punya jiwa pelayan, itu tidak meneladani Kristus yang menjadi pelayan bagi kita. Dia yang adalah Tuhan, turun ke bumi lahir sebagai manusia menjadi pelayan bagi kita,” ungkapnya.

Jonny mengimbau seluruh pekerja di YPMAK senantiasa memberikan usaha terbaik dalam menjalankan program bagi kepentingan masyarakat sasaran penerima manfaat.

“Inti dari YPMAK adalah melayani masyarakat, khususnya suku Amungme, suku Kamoro dan lima suku kekerabatan. Kita punya komitmen, bahwa kita itu adalah pelayan, tugas kita adalah memberi yang terbaik. Selamat ulang tahun YPMAK yang keempat,” tutupnya.

Dalam ibadah syukur itu dilakukan prosesi tiup lilin dan pemotongan kue ulang tahun, serta tumpeng. Selanjutnya para pimpinan dan anggota di Organ YPMAK itu turun dan melayani para karyawan YPMAK. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan sesi foto di photobooth yang sudah disediakan.(tora)

614 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika