Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

YPMAK Akan Serahkan Aset Pendidikan ke Keuskupan Timika


Tim YPMAK danKeukupan Timika foto bersama usai pertemuan rencana hibah aset YPMAK kepada Keuskupan Timika. (TORA/YPMAK)

TIMIKA – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), selaku pengelola Dana Kemitraan dari PT. Freeport Indonesia,  menggelar rapat pembahasan penyerahan aset dengan Keuskupan Timika. Pertemuan berlangsung di Lantai 2 Kantor YPMAK, Jalan Yos Sudarso, Selasa (28/11/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Notaris YPMAK, Santi Br Kaban, mengatakan aset yang hendak diserahkan adalah Asrama Bintang Kejora di Kaokonao, Asrama Solus Papuli di SP3 dan Guest House di Agimuga.

Penyerahan aset ini merupakan keputusan dari dulu sejak masa transisi Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) ke YPMAK. Lantaran dinilai pengurusan aset akan menjadi kendala saat masih di bawah nama pribadi pimpinan LPMAK pada masing-masing masanya.

“Dari LPMAK aset-aset dihibahkan ke YPMAK dan selanjutnya aset tertentu dilepaskan kepada lembaga bersangkutan. Ada beberapa lokasi yang akan diserahkan ke Keuskupan yaitu asrama solus populi SP3, asrama bintang kejora Kokonau, asrama putra-putri, kemudian GUset House Agimuga yang selama ini dikelola keuskupan. Ini menindak-lanjuti keputusan Tim transisi (LPMAK-YPMAK) di tahun 2029,” ujarnya.

Sementara itu dari pihak Keuskupan Timika, Pastor Yustinus Rahaniar, mempertanyakan keberlanjutan program pendidikan yang selama ini menjadi program bersama Keuskupan dan YPMAK, bahkan sudah ada sejak dari masa LPMAK.

“Perlu ada MoU baru, supaya ada kepastian untuk (keberlanjutan) kerja sama dengan YPMAK. Menjadi tanggung jawab kami terhadap orang tua murid,” sebutnya.

Menjawab kekhawatiran itu, Sekretaris YPMAK, Johana Saidui, memastikan program pendidikan kerja sama dengan Keuskupan Timika berjalan sebagaimana biasanya. Yang berubah hanya kepemilikan aset yang dihibahkan dari YPMAK ke pengelola program.

“Komitmen YPMAK, program pendidikan pasti akan terus jalan, jadi tidak akan berhenti. Karena ini sudah merupakan program Divisi Pendidikan YPMAK. Ini komitmen YPMAK dan PTFI untuk adik-adik Amungme Kamoro,” terangnya.

Kelanjutan dari pertemuan ini, ke depannya YPMAK, Keuskupan Timika dan Freport akan meninjau langsung keberadaan aset-aset dimaksud, dan selanjutnya dibuat penghibahan aset-aset pendidikan dimaksud.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Direktur Grant Making, Yohan Wambrau, dan asisten, Soter Potowapia, perwakilan PTFI, Lita Karubaba dan Harold Waker, dari pihak Keuskupan Timika Pastor Silfester Bobii, dan Max W. (tora)

538 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK



Publikasi Terbaru



Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

YPMAK News


Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika