Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

YPMAK Sosialisasi Sistem Paket Program Pemberdayaan dan Kemandirian

Selasa, 04 Juli 2023

Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia menggelar workshop lanjutan perubahan organisasi serta sosialisasi sistem paket program pemberdayaan dan kemandirian.

Workshop yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan dan kemandirian ini digelar mulai 3 Juni hingga 6 Juni 2023 di salah satu hotel di Jalan Cenderawasih, Timika, Papua Tengah.

Workshop tersebut diikuti oleh tiga divisi YPMAK, yakni divisi kesehatan, ekonomi, dan Pendidikan serta divisi pendukung program. Setiap divisi mendapatkan jadwal berbeda-beda, seperti divisi kesehatan jadwal untuk workshop pada Senin (3/6/2023). Divisi Pendikan pada Selasa (4/6/2023), dan divisi ekonomi pada Rabu (5/6/2023).

Direktur YPMAK Vebian Magal melalui Wakil Direktur Grant Making, Yohanes Wambrauw mengatakan, workshop yang dilakukan sebagai tindaklanjut dari perubahan organisasi. Kemudian dalam kegiatan tersebut juga, dilakukan sosialisasi nama dan definisi dari program hibah di YPMAK.

Workshop akan menghasilkan draft dari program-program utama yang akan ditransisi ke dalam konteks grant making.

“Workshop dilakukan secara terpisah, hari pertama pesertanya dari divisi kesehatan. Kemudian hari berikut dan seterusnya dari divisi ekonomi dan pendidikan,” kata Yohan sapaan akrabnya, Senin (3/6/2023).

Kata dia, pada workshop hari pertama dengan peserta dari divisi kesehatan dan divisi pendukung  (Rumah Tangga, Humas dan Keuangan) akan menentukan program-program mana yang berpeluang untuk ditransisi ke grant making.

Program-program dimaksudkan adalah yang sudah jalan dengan mitra dan perjanjian kerja sama (PKS) nya akan berakhir, dan itu nanti dirancang menjadi pilot projects.

“Kalau ada PKS baru, pelaksanaannya sudah masuk dalam sistem grant making,” katanya.

Sistem grant making ada enam tahapan, yaitu perencanaan, penyusunan, pengumuman, pelaksanaan, penutupan, dan evaluasi. Semua tahapan tersebut akan disusun, setiap divisi untuk ditransisikan.

“Enam tahapan ini kami sudah buat alurnya. Karenanya dalam workshop ini diharapkan akan muncul dokumen apa yang harus dilakukan dalam setiap alurnya,” ujarnya.

Misalnya, kata Yohan, menyangkut standarisasi pada program kampung sehat yang akan dijalankan tahun depan. Mitra-mitra diperbolehkan memasukkan penawaran dengan kelengkapan dokumen. Dokumen-dokumen itu kemudian akan diperiksa oleh tim, dengan tujuan untuk melihat mitra-mitra yang profesional dan tidak.

Kelengkapan dokumen yang ada, maka menunjukkan mitra itu serius dan pelaksanaannya dilakukan secara profesional.

“Melalui sortir dokumen itu, kami bisa lihat mitra-mitra, termasuk tanggungjawab, harapan dari yayasan, dan penggunaan anggaran. Begitu juga divisi pendidikan dan ekonomi, mereka juga akan melihat program yang ada, misalnya program peserta beasiswa nantinya akan dilakukan seperti apa. Sementara ekonomi, program kampung nanti akan seperti apa,” terangnya.

Ia menambahkan, selain menyempurnakan dokumen-dokumen, kegiatan ini juga untuk melihat program kemandirian yang akan dijalankan. Dalam arti, bagaimana alur proses kerjasama bersama mitra-mitra lokal.

Dikatakan, meski mitra kerja YPMK berasal dari luar Mimika diharuskan memberdayakan SDM lokal sesuai dengan klausul yang tertera dalam PKS. (*)

dikutip dari : https://seputarpapua.com/view/tingkatkan-keprofesionalan-dan-kemandirian-ypmak-gelar-workshop-lanjutan-perubahan-organisasi.html

615 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika