Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Radio Publik Mimika Kemitraan YPMAK, PTFI dan Pemda Mimika, Emanuel Kemong Direktur Utama

Rabu, 10 Mei 2023

Timika – Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Publik Mimika, Petrus Yumte, melantik Direktur Utama RPM, Emanuel Kemong, pada Senin malam (8/5), di Ballroom Hotel 66 Cenderawasih.

Selain Dirut RPM, dilantik juga Direktur Program dan Produksi, Ignatius Eddy Santoso, Direktur Teknis dan Multimedia, Albertus Tsolme, dan Direktur Administrasi Keuangan dan Layanan Usaha, Johana Juliana Saidui. Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah janji yang dipimpin Yumte yang turut didamping Anggota Dewan Pengawas lainnya, Vebian Magal dan David Alex Siahaenenia.

Dalam sambutannya, Yumte mengatakan, kehadiran radio ini akan menjadi pusat informasi dan menjawab UU Keterbukaan Informasi Publik. “Pemerintah buat apa, masyarakat wajib tahu. Freeport sudah BUMN, buat apa, wajib hukumnya masyarakat tahu. Siapa yang menyampaikan? Media, antara lain Radio Publik Mimika,” ujarnya.

Menurutnya, pelantikan direksi merupakan tindak lanjut setelah dewan pengawas dilantik Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob, akhir Januari kemarin.

“Dengan terbitnya SK Bupati, proses lebih lanjut hadirnya RPM ke depan akan lebih independen dan ada legal standing lebih kuat di mata hukum, sebutnya.

Agenda terdekat, kata Sekda Yumte, adalah menggelar Rapat Kerja untuk rencana operasional RPM. “Setelah dilantik hari ini, operasional akan dikendalikan Pak Kemong dan tim. Kita buat Raker untuk tahun 2023, untuk apa yang kita mau buat untuk lembaga ini ke depan,” kandasnya.

Sementara, Anggota Dewan Pengawas dari unsur praktisi penyiaran, David Alex Siahaenenia, mengatakan tugas pihaknya hanya sebatas mengawasi dan menyiapkan pedoman serta melakukan penilaian kinerja.

“Dewan Pengawas punya kewajiban untuk mengangkat direksi. Nanti kami sifatnya mengawas dan memberikan pedoman, sementara penyelenggaraan semuanya direksi yang lakukan,” ungkapnya

Mantan Direktur RRI Jayapura itu berharap, radio ini akan diisi oleh tenaga-tenaga kerja profesional di bidangnya, sehingga mampu menyajikan informasi dan hiburan bagi warga Mimika.

“Ini bicara tentang profesi jadi harus profesional. Kalau suara bagus dan pandai bicara, dia bisa lamar jadi penyiar. Habis Raker baru ditentukan,” tandasnya.

Untuk diketahui, LPPL Radio Publik Mimika terbentuk dengan adanya kemitraaan antara YPMAK, PT Freeport Indonesia dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika. (*)

Artikel ini telah tayang di fajarpapua.com – Klik link untuk baca https://fajarpapua.com/2023/05/08/radio-wadah-informasi-dan-wujudkan-uu-keterbukaan-informasi-publik/

1,079 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika