Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

YPMAK Beri Hibah Meubelair ke RS Pratama Waa Banti Senilai 3,8 Miliar

Rabu, 15 Maret 2023
Direktur YPMAK, Vebian Magal secara simbolis menyerahkan bantuan dana hibah untuk pengadaan meubelair yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra, Selasa (12/03/23).

TIMIKA | Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK)  pengelola dana kemitraan PTFI memberikan bantuan danah hibah untuk pengadaan meubelair kepada Dinas Kesehatan Mimika senilai Rp 3,8 Miliar.

Meubelair (meja, kursi, lemari dan furniture lain rumah sakit) ini diperuntukan RS Pratama Waa-Banti yang dibangun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Penyerahan meubelair diikuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara YPMAK dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika yang dilaksanakan di Kantor YPMAK, Jalan Yos Sudarso, Timika, Selasa (14/3/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengucapkan terima kasih kepada YPMAK karena telah membantu pihaknya.

“Urusan kesehatan ini kan merupakan salah satu dari tujuh urusan wajib pemerintah daerah dan dukungan ini sangat berarti,” katanya dalam sambutan.

Rey menjelaskan ada dua agenda penting yang dilakukan, pertama adalah hibah untuk pengadaan meubelair untuk menunjang pelayanan kesehatan di RS Pratama Waa-Banti, Distrik Tembagapura.

“Pada 20 Maret 2023 mendatang, kami berencana untuk melakukan mobilisasi semua alat-alat kesehatan ke sana (RS Waa-Banti), tapi jauh sebelumnya kami menyampaikan terima kasih karena YPMAK juga menghibahkan tanah untuk pembangunan RS Waa-Banti pada 22 Januari 2022,” ujarnya.

Rey menyebut sertifikat hasil hibah tersebutlah yang menjadi salah satu syarat terpenting, sehingga proposal yang disampaikan Dinas Kesehatan diterima Kementerian Kesehatan RI.

“Pada April mendatang jika tidak ada halangan, Kami (RS Waa-Banti) akan melakukan uji coba pelayanan,” ucapnya.

RS Pratama, kata Rey, tingkatannya sedikit di atas Puskesmas. Dimana tidak hanya melakukan fungsi promosi dan preventif, tapi juga kuratif dan rehabilitatif.

Rey mengaku bangga atas kerjasama pihaknya dengan YPMAK yang telah berlangsung kurang lebih selama 20 tahun.

“Komitmen ini harus kita jaga bersama bahkan ditingkatkan,” kata Rey.

Kemudian terkait dengaan kerjasama dengan YPMAK, salahsatunya adalah pelaksanaan  Program Kampung Sehat, Rey mengungkapkan terima kasih bahkan memberikan apresiasi kepada YPMAK yang tidak hanya melakukan assessment jumlah penduduk, tetapi juga memperluas cakupan program kampung sehat.

“Dulunya sampai di Amar, namun hari ini bisa dikembangkan sampai Distrik Mimika Barat Jauh yaitu di Kampung Yapakopa, Aindua, dan Ararau,” paparnya.

Dikatakan Rey, selain kerjasama soal kampung sehat, YPMAK juga ikut menanggulangi soal jaminan kesehatan bagi masyarakat, pengendalian malaria, layanan dokter terbang dan gizi.

Sementara itu, Pembina YPMAK yang juga Vice President Community Development, Nathan Kum, mengatakan kerjasama antara PTFI, YPMAK, dan Pemkab Mimika tidak hanya di bidang kesehatan, melainkan juga dibidang lainnya.

“Memang ini (pembangunan RS) menjadi pembelajaran bagi kampung-kampung yang lain di wilayah pelayanan kita, jadi tanah ini harus jelas,” tegasnya.

Menurut Nathan, kejelasan tanah sangatlah penting agar proses bantuan pembangunan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat dapat cepat dilaksanakan.

Sedangkan Direktur YPMAK Vebian Magal menyebut, selaku pengelola dana kemitraan PT Freeport pihaknya memberikan bantuan ini agar rumah sakit segera dapat beroperasi sehingga masyarakat tidak kesulitan memperoleh layanan Kesehatan.

“Jadi masyarakat tidak lagi kesulitan lagi cari transportasi untuk ke rumah sakit, masyarakat tidak perlu ke Aroanop harus ikut pesawat ke Timika atau ke Tembagapura minta bis, seperti itu,” kata Vebian saat ditemui usai penandatanganan perjanjian kerjasama.

Vebian menjelaskan, perjanjian kerjasama bukan hanya berupa hibah, tetapi juga perjanjian kerjasama menyangkut kerjasama di bidang kesehatan seperti malaria kontrol, kampung sehat, pembangunan terminal/pelabuhan untuk memudahkan pemerintah memberikan pelayanan masyarakat pesisir.

“Kami (YPMAK) bertindak sebagai pendukung, sebab masyarakat ini kan bukan masyarakatnya swasta atau PTFI dan YPMAK, bukan, tetapi ini masyarakatnya pemerintah, sehingga kita kerjasama sinkronisasikan program YPMAK dengan pemerintah, kita hadir sebagai pendukung pemerintah untuk mengatasi persoalan keterpurukan kesehatan, keterbelakangan pendidikan dan kemiskinan,” jelasnya. (miskan)

 

764 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika