Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

YPMAK Berikan Dukungan Pendidikan bagi 354 Mahasiswa di Sekolah Tinggi di Mimika

Rabu, 15 Februari 2023
Divisi Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan foto bersama usai melakukan monitoring di STT Russel Timika.

Selain mengirim peserta beasiswa di luar Kabupaten Mimika, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) lewat Divisi Pendidikan, juga memberikan dukungan pendidikan bagi anak-anak Amungme, Kamoro dan lima suku kekerabatan yang melanjutkan studi di Kabupaten Mimika.

Lewat program yayasan pengelola dana kemitraan PT. Freeport Indonesia itu, tercatat di tahun 2022  total Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa di Mimika berjumlah 354 orang. Jumlah itu tersebar di 5 institusi pendidikan mitra YPMAK di Kabupaten Mimika.

Dikutip dari Laporan Akhir Tahun 2022 Divisi Pendidikan YPMAK, rinciannya sebagai berikut : Akademi Perawat (Akper) Timika 33 orang, PGSD Universitas Cenderawasih Kelas Timika 49 orang, STIE Jambatan Bulan 78 orang, STT Russel Timika 78 orang dan Universitas Timika (UTI) 116 orang.

Adapun rekap persentase berdasarkan asal suku diketahui bahwa, 94 orang (27%) Suku Amungme, 66 orang (19 %) Kamoro, 21 orang (6%) Damal, 54 (15%) Dani, 55 orang (16%) Mee, 28 orang (8%) Moni, 12 orang (3%) Nduga, 17 orang (5%) Suku Papua lain, dan 7 orang (2%) luar Papua.

Di tahun 2022 kemarin tercatat sebanyak 25 orang telah berhasil diwisuda, yaitu 14 orang diploma dari Akper Timika dan 11 orang sarjana dari STT Russel Timika.

Dalam memberikan dukungan Pendidikan, tidak hanya membuahkan hasil yang baik, namun program dukungan pendidikan YPMAK ini juga menelan pil pahit dengan drop out-nya sebanyak 32 orang mahasiswa dari institusi pendidikan masing-masing. Yaitu di Akper Timika 12 orang, PGSD 1 orang, STIE JB 9 orang, UTI 2 orang dan STT Russel 8 orang. Alasan dikeluarkannya para mahasiswa itu adalah karena indisipliner, meninggal dan lainnya.

Ke depan Divisi Pendidikan YPMAK terus berbenah sehingga dukungan pendidikan bagi mahasiswa di dalam Kabupaten Mimika ini bisa berjalan lebih maksimal, diantaranya dengan melakukan pertemuan dengan peserta beasiswa di awal semester baru sebelum perkuliahan dimulai agar dapat memotivasi para mahasiswa, serta pertimbangan standarisasi komponen pembiayaan, kepatuhan mitra terhadap PKS dan laporan pertanggungjawaban, serta penentuan jumlah kuota penerima dukungan pendidikan di setiap mitra kerjasama.

Sekadar diketahui, Program Pendidikan YPMAK terdiri dari tiga fokus yaitu : Fokus Anak dan Pemuda, Fokus Asrama dan Fokus Tenaga Pendidik.

Total peserta yang dibiayai YPMAK yaitu 3.106 peserta, dengan rincian 1.222 peserta beasiswa di luar Kabupaten Mimika, 1.530 peserta di Asrama dan 354 peserta di sekolah tinggi di Mimika. (tora/miskan)

 

1,176 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika