Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

YPMAK Bantu 85 Guru Kontrak Mengajar di Wilayah Pesisir

Senin, 06 Februari 2023
Salah seorang guru kontrak YPMAK ketika mengajar di SD YPPK Mware. (MISKAN/YPMAK)

Capaian Divisi Pendidikan Tahun 2022 (3)

Fokus ketiga di Divisi Pendidikan YPMAK yaitu Fokus Tenaga Pendidik dimana melalui fokus ini, Divisi Pendidikan memberi dukungan kepada tenaga pendidik.

Sebagai pengelola dana kemitraan PT. Freeport Indonesia, YPMAK berkomitmen dan mendukung pemerintah memberikan pendidikan yang layak dan berkualitas bagi anak-anak Amungme, Kamoro dan lima suku kekerabatan lainnya.

Melalui Divisi Pendidikan YPMAK, salah satu upaya tersebut yaitu bekerjasama dengan keuskupan Timika, YPMAK menyediakan  85 guru kontrak. Dimana tujuannya adalah untuk menuntaskan 3M (membaca, menulis dan berhitung).

85 guru kontrak tersebut tersebar di tujuh distrik, 28 kampung dan 35 tempat tugas.

Dikutip dari Laporan Akhir Tahun Divisi Pendidikan YPMAK, program guru kontrak itu menyasar di daerah pesisir Kabupaten Mimika, dengan rincian: 1 sekolah PAUD sebanyak 2 guru, 6 sekolah TK sebanyak 8 guru, 27 SD sebanyak 71 guru dan 1 SMP sebanyak 4 guru.

Selain guru kontrak, fokus ini pada tahun 2022, juga telah melakukan kerjasama dengan Keuskupan Mimika, serta memberikan bantuan transportasi udara (helicopter) sebanyak dua kali bagi guru yang bertugas di SD Inpres Pilikogom.

Tak hanya memberikan guru, YPMAK juga melakukan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Divisi Monev Pendidikan. Tujuan monitoring yaitu, mendata jumlah guru kontrak, melihat proses belajar mengajar, keadaan sekolah, jumlah guru dan murid di sekolah tersebut.

Dalam monitoring, ditemui kendala seperti guru yang mengajar 2 kelas dalam 1 ruangan belajar, karena keterbatasan jumlah ruang kelas.

Monitoring dan evaluasi, telah dilakukan di delapan (8), sekolah sekolah YPPK Tilemans di wilayah pinggiran kota Timika di antaranya: SD YPPK Mware, TK dan SD YPPK Tipuka, TK dan SD YPPK Hiripau, TK YPPK Pomako Cenderawasih dan TK YPPK Pomako Asmat.

Direncanakan ke depan, YPMAK akan melakukan koordinasi dengan pihak mitra agar dapat melakukan monitoring lapangan ke wilayah pesisir barat, tengah dan timur. Serta penambahan tenaga guru kontrak di beberapa sekolah yang kekurangan guru. (tora/miskan)

656 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika