Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Kemitraan YPMAK Monitoring Klub-klub Olahraga Penerima Bantuan

Jumat, 25 November 2022
Bagian Kemitraan YPMAK ketika melakukan monitoring ke Aruka FC. TORA/YPMAK

TIMIKA, Bagian Kemitraan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) melakukan kegiatan monitoring evaluasi (monev) kepada para klub olahraga, yang sebelumnya telah menerima bantuan dari YPMAK.

Pada Rabu (16/11/2022), tim YPMAK mengunjungi Sally FC perwakilan dari Galanita Mimika, Juvenesia Timika Sepak Bola dan Futsal Timika, Komunitas Basket Tsunami, ARUKA FC.

Rombongan monitoring di antaranya, Admin Kemitraan YPMAK, Irma Siep, bersama Kepala Divisi Monev Program Pendidikan, Dionisius Burdam, Staff Divisi Monev Program Ekonomi, Monika Maramku dan staf YPMAK lainnya Jamal Jumadi, Kristian Fadirubun, Victory Tobias dan Bernadus Sirwutubun.

Adapun para klub olahraga yang dibantu YPMAK memiliki sejumlah prestasi di antaranya, Sally FC merupakan Kampiun kompetisi Galanita Piala Bupati 2022, Tim Basket putri Tsunami merupakan Jawara Indonesia Basketball Festival (IBF) Mimika Series 2022, Aruka FC merupakan Juara 3 Piala Bupati Cup 2022 dan Juvenesia Timika memiliki beragam prestasi juara, baik dari tim sepakbola maupun tim futsalnya.

Dalam kegiatan itu, hal yang menjadi sorotan tim monev YPMAK adalah tentang ketersediaan struktur organisasi, khususnya bagi Sally FC dan Juvenesia Timika.

“Kepengurusan itu penting untuk keberlanjutan. Ada hal-hal yang bisa dilakukan dalam komunitas bukan hanya musiman. Kita buat sesuatu yang jangka panjang, sehingga bisa ada regenarasi. Bisa terukur dengan baik tujuan dan visi misinya,” ujarnya Monika.

Struktur kepengurusan diperlukan dalam berbagai urusan antar organisasi, sehingga segala bentuk bantuan bisa diklaim pertanggung-jawabannya kepada pengurus bersangkutan.

“Supaya bisa lakukan hal-hal yang lebih besar. Bukan hanya bantuan dari YPMAK tapi bisa juga dari pemerintah ataupun langsung dari Freeport. Apalagi kalau pada saat kita mau minta sponsor dari swasta seperti misalnya di Pulau Jawa. Karena ‘kan ada yang kuliah di luar, bisa dimungkinkan saat ada kepengurusan, untuk dapat sponsorship,” ujar Dion.

Sementara untuk Tsunami Basketball dan Aruka Football Club yang sudah punya struktur kepengurusan, YPMAK berharap bantuan yang diberikan YPMAK dapat menunjang program pengembangan SDM bidang olahraga, sehingga semakin banyak prestasi dari daerah Mimika tercinta.

Manager Aruka FC, Maria Moyao, mengapresiasi bantuan YPMAK yang sudah berjalan dua tahun ini untuk menunjang perkembangan tim sepakbola yang personilnya anak-anak asli Mimika itu khususnya suku Kamoro.

“Tim ini harus berjalan, setiap iven, ada pertandingan, tim kita harus ikut. Kami dari manager Aruka mengucap banyak terima kasih buat YPMAK sudah dua tahun berjalan, ada bantuan. Kami berharap YPMAK selalu monitoring kami supaya anak Kamoro ada perhatian dari YPMAK,” ujar Maria didampingi pelatih, Plasidus Kataipukaro, dan official, Yafet Wayawiyuta.

Lagi katanya, melalui bantuan yang diterima, Aruka FC bisa mendapat kostum dan kelengkapan alat olahraga lainnya, yang menunjang operasional tim melakukan pembinaan terhadap para personilnya.

“Saya bertekad untuk membangun bakat pemuda-pemudi Kamoro. Saya sebagai perempuan Kamoro siap untuk mendorong bakat-bakat, khususnya sepakbola bersama Aruka FC, putra-putri,” tandasnya. (Tora)

772 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika