Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

YPMAK Data Marga Masyarakat di Pesisir Mimika


YPMAK melakukan mendata marga Masyarakat di Pesisir Mimika mulai Potowayburu hingga Nakai. MISKAN/YPMAK

TIMIKA – Selain melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan Program Kampung di pesisir Kabupaten Mimika, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) juga melakukan pendataan marga untuk pendaftaran BPJS Kesehatan.

Pendataan marga dan BPJS Kesehahan dilakukan oleh Divisi Kesehatan YPMAK di Kampung Yapapoka dan beberapa kampung lain dari Potowayburu hingga Nakai.

“Permasalahan yang dihadapi divisi kesehatan ada marga masyarakat Kamoro pergi berobat di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) tapi petugas tidak tahu. Marga Pati itu tidak hanya di suku Kamoro tapi di Maluku juga ada,” ungkap Staf Divisi Monev Kesehatan YPMAK, Hengky Moyao. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Staf Movev Kesehatan, Vera Chalik dihadapan masyarakat di wilayah Distrik Jita.

Lebih lanjut dia mengatakan, pendataan marga ini sangat penting karena menjadi dasar pada saat berobat di RSMM.

Selain melakukan pendataan marga tim Monev YPMAK Divisi kesehatan juga mengajak warga Kampung Yapapoka dan kampung lain untuk membuat BPJS Kesehatan.

“Kami juga melakukan pendataan BPJS Kesehatan. Warga jangan khawatir karena biaya angsuran BPJS setiap bulan akan ditangggung YPMAK,” ungkap Staf Divisi Kesehatan Hengky Moyao.

Tambahnya BPJS Kesehatan ini bisa diakses di fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta yang menerapkan BPJS Kesehatan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Kampung Yapapoka juga mendukung program dicanangkan YPMAK seperti pendataan marga dan BPJS Kesehatan.

“Ada dinas yang melakukan pendataan, tapi tujuannya untuk apa kami tidak tahu. Kami butuh sesuatu yang benar benar nyata seperti yang dilakukan YPMAK saat ini,” singkatnya. (*)

Artikel ini dikutip dari : https://papua.tribunnews.com/2022/10/27/ini-tujuan-ypmak-mendata-marga-dan-pentingnya-bpjs-kesehatan-untuk-masyarakat-suku-kamoro

150 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK



Publikasi Terbaru



Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2022 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika