Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

YPMAK Apresiasi Pelaksanaan Program Kampung Masyarakat Pesisir Timur Mimika


Tambatan Perahu hasil dari Program Kampung YPMAK yang dibuat oleh masyarakat Kampung Bulumen. (MISKAN/YPMAK)

Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia mengapresiasi pelaksanaan program kampung oleh warga di pesisir timur Mimika.

Hal ini diungkap Kepala Divisi Program Sosial Ekonomi YPMAK, Billy Korwa saat melihat langsung pelaksanaan program kampung di 17 kampung di pesisir timur, pada tanggal 13 sampai 17 Oktober 2022.

Rata-rata kampung yang dikunjungi mulai Kampung Fakafuku dan Mafasimamo, Distrik Agimuga dan Kampung Sempan Timur, Wenin, Jaitak, Kanmapri, Noema di Distrik Jita sudah melaksanakan sesuai dengan rencana yang diusulkan dalam program ini.

Diawal program ini memang banyak kampung yang mengusulkan program padat karya seperti membuat MCK, jalan, jembatan, pagar kampung, kebun hingga tambatan perahu.

Kegiatan padat karya ini memang baik dan bertujuan untuk mengajak partisipasi masyarakat terlibat dalam program kampung YPMAK.

“Kita lihat sebenarnya masyarakat sudah mulai bergeser programnya dari padat karya ke program yang menghasilkan dan ini baik sekali,” kata Billy.

Program yang menghasilkan ini salah satunya seperti perkebunan, dimana hasil kebun itu bisa dikonsumsi oleh msayarakat sendiri dan juga dijual kepada tenaga kesehatan, guru maupun anggota keamanan yang bertugas di kampung.

Di kampung lainnya bahkan ada yang sudah membuat koperasi kampung dengan menggunakkan dana program kampung YPMAK.

Program kampung ini sendiri tujuannya ialah membangun partisipasi masyarakat dan juga mendorong masyarakat untuk melihat kegiatan ekonomi yang bisa dibuat dan memberikan pendapatan kepada keluarga.

“Kegiatan-kegiatan yang menghasilkan sudah dibuat dan rencannya itu datang dari masyarakat sendiri,” pungkasnya. (*)

Artikel ini dikutip dari : https://seputarpapua.com/view/ypmak-apresiasi-pelaksanaan-program-kampung-masyarakat-di-wilayah-pesisir-timur-mimika.html

 

 

 

 

 

 

209 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK



Publikasi Terbaru



Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2022 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika