Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

56 Kampung di Pesisir Mimika dapat Perahu Fiber dan Mesin Jhonson


Sebanyak 56 kampung di wilayah pesisir Kabupaten Mimika bakal dapat satu unit perahu fiber dan mesin 40 PK dari Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) sebagai pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia.

Kepala Divisi Program Sosial Ekonomi YPMAK, Billy Korwa mengatakan, di tahun ini secara keseluruhan untuk wilayah pesisir akan ada pengadaan perahu fiber dengan motor jhonson 40 PK.

“Saya lupa ukurannya tapi itu cukup bagus untuk nanti digunakan Pokja dan masyarakat secara umum di sini,” kata Billy dalam pertemuan dengan masyarakat di Distrik Jita, Jumat (14/10/2022).

Pengadaan perahu ini telah disepakati TP2K yakni PT Freeport Indonesia, YPMAK dan Lemasko disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Masyarakat di wilayah pesisir pada umumnya melakukan antar kampung, antar distrik maupun ke Kota Timika menggunakan perahu.

Untuk itu, perahu dan mesin dirasa sangat perlu untuk memberikan kemudahan akses transportasi kepada masyarakat.

“Juga untuk bisa mobilisasi ke kota dan sebaliknya. Hasil-hasil laut maupun kebun yang mau dijual ke kota nanti bisa dibawa dengan perahu pokja itu,” kata Billy.

 

Pemberian perahu dan mesin ini dianggarkan dari dana program kampung YPMAK.

Dalam program kampung ini, setiap kampung menerima dana sebesar Rp300 juta. Tetapi di tahun 2022 ini, dana itu akan dibagi, Rp150 juta untuk pengadaan perahu dan mesin, Rp150 juta tetap diberikan kepada tim pokja untuk membuat kegiatan seperti yang disepakati bersama masyarakat di masing-masing kampung.

“Itu diusulkan karena memang kami melihat itu menjadi kebutuhan penting dari program ini sendiri. Bagaimana informasi dari kampung bisa ke kota, dan kami berharap untuk jangka panjangnya bisa digunakan untuk memfasilitasi hasil penjualan masyarakat dari kampung ke kota,” jelas Billy.

Pemerintah kampung dan juga tim pokja di 17 kampung yang dikunjungi ini mengaku senang dengan rencana pengadaan perahu dan mesin jhonson.

Seperti tim pokja di Kampung Waituku, yang sudah membuat koperasi dengan dana program kampung ini mengaku dengan adanya perahu pokja nanti tentu akan memudahkan akses ke kota untuk membeli barang-barang begitu juga sebaliknya. Selain itu juga bisa lebih mengurangi biaya. (*)

Artikel ini dikutip dari : https://seputarpapua.com/view/56-kampung-di-pesisir-mimika-bakal-dapat-perahu-fiber-dan-mesin-40pk-dari-ypmak.html

 

243 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK



Publikasi Terbaru



Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2022 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika