Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Monitoring Guru Kontrak di Distrik Mimika Timur

Jumat, 26 Agustus 2022
Guru kontrak YPMAK ketika mengajar membaca di SD YPPK Mware. MISKAN/YPMAK

TIMIKA – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik (YPPK) Tillemans melakukan monitoring guru kontrak di sekolah-sekolah yang berada di Disterik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Kegiatan yang dilakukan YPMAK dan YPPK itu dilakukan, Kamis (25/8/2022) dengan sasaran Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) antara lain, SD YPPK Mware, SD YPPK Tipuka, TK YPPK Tipuka, SD YPPK Kaugapu, TK YPPK Kaugapu,  SD YPPK Hiripau, TK YPPK Pomako Cenderawasih, TK YPPK Pomako Asmat.

Tujuan monitoring adalah mendata jumlah guru kontrak, proses belajar mengajar, keadaan sekolah, jumlah guru dan murid di sekolah tersebut.

“Selama ini program guru kontrak Keuskupan Mimika dalam hal ini YPPK dengan YPMAK telah membantu 85 guru kontrak yang ditempatkan di pesisir dan pinggiran kota Timika. Guru kontrak ditempakan di sekolah YPPK ini bisa membantu kegiatan belajar di sekolah,” Direktur YPPK Tillemans, Jhon Giyai kepada Tribun-Papua.com.

Lebih lanjut dia menjelaskan, melalui program tersebut diharapkan bisa dipertahankan dan semakin ditingkatkan dan tetap menjalin koordinasi selanjutnya.

“Jadi penempatan guru kontrak di YPPK diterapkan berdasarkan pertimbangan jumlah siswa, sarana prasarana, rumah guru, dan jarak tempuh sehingga setiap sekolah ditempatkan satu atau dua guru kontrak. Kalau di pinggiran kota ini setiap sekolah rata-rata satu,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Monitoring YPMAK, Kristianus Ukago menyebutkan dari hasil monitoring kali ini masih banyak sekolah yang membutuhkan guru kontrak.

“Monitoring ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh manfaat penempatan guru, peran guru, manfaat kepada masyarakat terutama anak-anak,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, hasil monitoring beberapa sekolah baik SD dan TK ternyata sangat berarti. Terumatam dibeberapa sekolah guru kontrak mengambil peran penting agar sekolah tersebut bisa berjalan.

“Bannyak guru kontrak bisa menjadi kepala sekolah, jadi motor penggerak, guru kelas dan lainnya. Akan tetapi semua itu terlihat masih kurang seperti keluhan tenaga guru masih kurang,” katanya.

Untuk penemabahan guru kontrak nanti dilihat dari hasil evaluasi dan kemampuan YPMAK.

Di sisi lain Kepala Sekolah SD YPPK Mware, Fransiskus Asisi Ohoiwutun mengaku saat ini guru disekolahnya masih kurang.

“Kami kekurangan guru pengajar dapat dilihat banyak siswa, rombongan belajar lengkap tapi guru kurang dan terpaksa kelas harus digabung,” katanya.

Ia berharap pihak YPPK dan YPMAK bisa membantu dalam pengadaan guru kontrak di SD YPPK Mware,” harapnya. (*)

Artikel ini dikutip dari : https://papua.tribunnews.com/2022/08/25/ypmak-gandeng-yppk-tillemans-monitoring-guru-kontrak-di-sekolah-pinggiran-kota-timika

1,222 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika