Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Wabup Mimika, Johannes Rettob Apresisasi Program YPMAK Kembangkan Kampung Sehat

Jumat, 05 Agustus 2022

TIMIKA – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengapresiasi kinerja Yayasan Pemberdayaaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia dalam melaksanakan program kampung sehat.

Kampung sehat tersebut merupakan pelayanan kesehatan di kampung-kampung yang ada di wilayah Kabupaten Mimika.

Pelayanan kampung sehat harus mendapat dukungan dari semua pihak seperti pemerintah, PT Freeport, YPMAK dan intasnsi lain sehingga dalam melaksanakan program yang harus terintergrasi.

Pelayanan kesehatan kampung diharapkanjangan tumpang tindih. Namun berbagi tugas agar proses pelayanan berjalan dengan baik.

“Kalau kita merencanakan program bersama maka pelaksanaan tidak akan berantakan dan pendobelan. Saya apresisai YPMAK karena kampung sehat terus dikembangkan. Dulu hanya beberapa beberapa kampung namun sekarang sudah banyak,” ungkap Wabup Mimika, Johannes Rettob kepada Tribun-Papua.com di Timika.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, pelakasaan program kampung sehat bisa dikoordinasikan dengan Puskesmas terdekat agar bisa kolaborasi.

“Kolaborasi itu penting untuk mewujudkan masyarajat sehat dan dijauhkan dari segala penyakit,” katanya.

Sementara Wakil Direktur Program dan Monev YPMAK, Nur Ihfa Karupukaro mengatkan saat ini pelayanan kesehatan YPMAK telah mencapai 19 kampung baik di pesisir dan pegunungan.

“Kalau di pesisir ada 13 kampung sisanya di area pengunungan dan bekerjasama dengan puskesmas setempat,” ungkapnya.

Pelayanan kampung sehat YPMAK ini sudah ada petugasnya kampung itu sendiri sehingga mereka langsung berinteraksi dengan warganya.

“Saya lihat pada saat survei mereka sudah buat peta pelayanan seperti daftar rumah. Mereka tau rumah ini dan pasien itu sakit apa sehingga tinggal dikontrol,” katanya.

Tambah Nur Ihfa, pelayanan kampung sehat tepat sasaran dan ada program ibu hamil rutin diperiksa oleh petugas kesehatan disana.

“Masyarakat saat ini bisa mendapat pelayanan dengan baik seperti yang di kota,” pungkasnya. (*)

Artikel ini dikutip dari : https://papua.tribunnews.com/2022/07/23/wabup-mimika-johannes-rettob-apresisasi-program-ypmak-kembangkan-kampung-sehat

641 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika