Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

18 Kampung Pesisir Mimika Cairkan Dana Program Kampung Tahap Dua

Senin, 27 Juni 2022

Sebanyak 18 kampung di pesisir pantai Kabupaten Mimika, Papua pada Kamis (23/6/2022) mencairkan dana program kampung tahap 2 dari  Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia.

Program kampung bertujuan mengajak masyarakat menjadi subyek atau pelaku dalam mengembangkan dan memberdayakan kampung seperti ‘surga’.

Selain itu, melalui ‘Program Kampung’ diharapkan bisa memberikan tambahan penghasilan agar perekonomian masyarakat di kampung meningkat. Karenanya, diharapkan perencanaan kegiatan yang akan dilakukan untuk tahap II dan selanjutnya, masyarakat bisa melihat potensi kampung untuk bisa dikembangkan menjadi lebih baik.

Sebelum melakukan pencairan, tim pokja masing-masing kampung mendapatkan bimbingan administrasi. Tujuannya, agar pelaksanaan tahap 2 ini bisa berjalan lancar baik masalah pelaporan, dokumentasi atau bukti dan lainnya.

Staf Divisi Program Ekonomi YPMAK, Yulius Tesenawatme mengatakan, ada 18 kampung dari pesisir pantai yang melakukan pencairan dana program kampung tahap 2. Dimana, pencairan ini setelah mereka menyelesaikan tahap 1 yang dilaksanakan mulai akhir tahun 2021.

“Selesai pada tahap 1 ini bukan hanya pelaksanaan pekerjaannya. Tapi juga selesai untuk laporan pertanggungjawaban (LPJ),” kata Yulius.

Sebelumnya, Wakil Direktur Program dan Monev, Nur Ihfa Karupukaro mengharapkan di tahap 2 program kampung ini tidak lagi bertumpuk pada bersih-bersih kampung atau pembangunan fisik. Namun lebih kepada pemberdayaan yang dilakukan secara berkelanjutan dan bisa menambah pendapatan.

“Masyarakat sudah mulai memikirkan pemberdayaan melalui potensi lokal, misalnya mereka buat koperasi ikan atau koperasi hasil kebun,” ujarnya.

Sementara itu, Pokja Program Kampung Highland juga telah melakukan pencairan dana yang akan digunakan untuk belanja kebutuhan peralatan dan kebutuhan lainnya yang akan digunakan dalam pelaksanaan di kampung.

Sekretaris YPMAK, Johana Saidui yang juga penanggungjawab Program Kampung wilayah Highland menjelaskan, pencairan dana sisa pokja highland akan dilaksanakan jika tersedianya jadwal penerbangan (helikopter).

“Pencairan dana Program Kampung wilayah Highland akan disesuaikan dengan adanya jadwal penerbangan (helikopter), dana yang telah dicairkan pada hari itu juga langsung diantar ke kampung bersama pokja masing-masing dan masyarakat di kampung dapat menerima dana dan melaksanakan Program Kampung sesuai dengan anggaran yang tersedia dan telah dicairkan,” Kata Johana Saidui. (*/Miskan)

701 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika