Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Pendidik dan Pengelola SATP, YPL Gelar ‘Leadership Training’

Senin, 25 April 2022

Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) mengapresiasi Yayasan Pendidikan Lokon (YPL), selaku mitra YPMAK yang mengelola operasional Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP). Yaitu dalam kegiatan pelatihan kepemimpinan yang diadakan di salah satu hotel di Timika, melibatkan 20 orang pegawai berposisi pimpinan di SATP.

Kegiatan dalam rangka menghadirkan pemimpin bermutu untuk sistem pendidikan yang lebih baik ini digelar selama 3 hari, tanggal 20 hingga 22 April 2022.

Demikian diungkapkan Direktur YPMAK, Vebian Magal, saat diwawancara wartawan di sela kegiatan, di mana dirinya turut membawakan materi pelatihan dengan judul, Menemukan dan Mengembangkan Gaya Kepemimpinan Anda Sendiri.

Lagi kata Vebian, dalam menjalankan perencanaan pengembangan pendidikan di SATP butuh tim yang solid, sehingga bisa mengeksekusi perencanaan dengan baik bagi kepentingan generasi muda Amungme dan Kamoro serta 5 suku kekerabatan.

Ia berharap YPL dapat menyusun strategi yang tepat dan terukur dalam mencapai tujuan mencetak generasi Mimika yang mumpuni di masa depan itu. Termasuk di dalamnya menyiapkan kader pemimpin di interna YPL sehingga mampu menjalankan program pendidikan yang berkelanjutan itu.

Vebian Magal optimis, dari SATP akan muncul para pemimpin daerah Mimika dan Tanah Papua di masa depan, 10 hingga 15 tahun ke depan.

Ditambahkannya, pihaknya sedang mempersiapkan perpanjangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk periode 2022 hingga 2027 mendatang, untuk mengelola SATP milik YPMAK selaku pengelola Dana Kemitraan dari PT. Freeport Indonesia.

Sementara itu Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado sekaligus Sekretaris Eksekutif YPL, Profesor Johanis Ohoitimur, mengungkapkan kegiatan Leadership Training dengan thema “Personal Qualities and Spirituality of Leadership” itu merupakan bagian dari komitmen YPL sebagai mitra YPMAK untuk mengembangkan pendidikan bermutu bagi putra-putri asli papua khususnya di Kabupaten Mimika.

Lagi katanya, kerja sama YPL dengan YPMAK sudah berjalan sejak tahun 2003, namun dipertegas lagi pada 2019 di mana YPL dipercaya menjadi pengelola Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) milik YPMAK selaku pengelola Dana Kemitraan dari PT. Freeport Indonesia itu.

Komitmen YPL tidak hanya untuk menyediakan layanan pendidikan bermutu bagi anak Papua tapi juga turut mempersiapkan kader pemimpin masa depan agar menjamin sistim pendidikan yang telah direncanakan dapat berjalan berkelanjutan.

Lagi kata pria yang akrab disapa Pastor Yong itu, pelatihan kepemimpinan yang digelar bagi 20 orang pegawai terpilih setingkat pimpinan itu, 12 orang di antaranya merupakan Orang Asli Papua. Hal ini merupakan bentuk pengembangan aset SDM asli Papua di Mimika, yang dinilai penting untuk pengembangan pelayanan pendidikan di SATP.

Pastor Yong Rektor De La Salle Manado sekaligus pimpinan Yayasan Pendidikan Lokon itu menambahkan, materi pelatihan di antaranya, identifikasi dan pengembangan potensi diri, cara berkomunikasi yang baik, kerja sama, trust atau kepercayaan, manajemen pengelolaan emosi dan tata kelola konflik dalam sistem pendidikan.

Ia berharap, melalui kegiatan itu para peserta dapat menyadari baik kelebihan maupun kekurangan diri pribadi. Sehingga bisa mengeluarkan potensi terbaik dan mengatasi kekurangan diri, agar bisa lebih berkembang menjadi SDM berkualitas pemimpin yang mumpuni di bidang pendidikan dan pembinaan, khususnya di operasional sistem pendidikan bagi anak-anak Papua di SATP. (Tora Emmanuel)

586 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika