Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Audiensi untuk Penguatan Program Kampung Sehat YPMAK

Jumat, 28 Januari 2022

Dalam rangka penguatan salah satu program Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro YPMAK pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia di bidang kesehatan yaitu Kampung Sehat yang terintegrasi dengan layanan klinik bergerak, Persekutuan Pelayanan Kristen Untuk Kesehatan di Indonesia atau Pelkesi Wilayah V sebagai pelaksana program, menggelar audiensi bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika pada Rabu 26 Januari 2022, bertempat di MPCC.

Ketua Pelkesi Wilayah V dokter Leonard Pardede menjelaskan, program Kampung Sehat adalah program YPMAK untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pesisir pantai maupun pegunungan. Program ini adalah program lanjutan sebagaimana program ini juga telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

dr Leo berharap, tim program Kampung Sehat ini harus berkolaborasi dan sinkron dengan Dinas Kesehatan. Program Kampung Sehat kata dokter Leo bukan menyaingi program Dinas Kesehatan melainkan sebaliknya bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika.

Sementara itu, Wakil Direktur Program YPMAK, Nur Ifha Karupukaro menjelaskan salah satu program YPMAK yang berkolaborasi dengan pemerintah adalah program kesehatan.

Penentuan kampung yang menjadi sasaran ini juga merupakan hasil rapid survei yang dilakukan YPMAK dan tidak bermaksud untuk mengevaluasi program Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Kesehatan melainkan bermaksud untuk berkolaborasi sehingga seluruh masyarakat baik di pesisir pantai hingga pegunungan bisa memperoleh layanan kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra mengapresiasi YPMAK yang dalam hal ini selalu berkolaborasi dalam pelaksanaan programnya khususnya program kesehatan. Reynold juga mengatakan pihaknya membuka diri untuk berkolaborasi terkait dengan program Kampung Sehat ini.

Sebelum tim Kampung Sehat diterjunkan, akan dilaksanakan workshop dengan para pemangku kepentingan sebagai pemberitahuan terkait kehadiran tim di 19 kampung yang akan menjadi sasaran program ini.

Dalam mengimplementasikan program intervensi dalam project kampung sehat YPMAK selalu melandaskan pada arah Kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bidang Kesehatan tahun 2020-2024 adalah meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care) dan peningkatan upaya promotif dan preventif didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Tahun 2020 merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJMN dan juga Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024. Sasaran pembangunan kesehatan adalah meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Lima fokus masalah kesehatan yang harus diselesaikan adalah :

  1. Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu/Angka Kematian Bayi
  2. Percepatan Penurunan Stunting
  3. Pencegahan & Pengendalian Penyakit
  4. Pembudayaan Gerakan masyarakat hidup sehat
  5. Penguatan Tatakelola Sistem Kesehatan

Arah dan kebijakan kementerian kesehatan ini selain untuk pencapaian SDGs, juga untuk dapat memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing, sehingga dapat mencapai Bonus Demografi di tahun 2045.

Merujuk pada Renstra Program Kesehatan YPMAK Tahun 2018-2023, Pencapaian program dari tahun 2014 – 2019 dan Rekomendasi program 2019 – 2022, PELKESI Wilayah V sebagai pelaksana program mitra YPMAK masih melihat beberapa strategi intervensi Social determinant of Health, berikut ini masih relevan untuk penguatan program Kampung Sehat yaitu: 1) Policy/legislation menyangkut pelayanan, sumberdaya dan komoditas, 2) Pemberdayaan masyarakat, dimaksudkan membagi kekuasaan sepenuhnya/setengah dari pemerintah kepada masyarakat, 3) Pengembangan masyarakat, dimaksudkan menggali potensi masyarakat untuk mampu memecahkan masalah mereka dengan melibatkan peminjaman sumber daya: uang,training, pemberian informasi dll , 4) Akses pelayanan (menghilangkan barrier akses pelayanan, mendekatkan pelayanan dan mengratiskan pelayanan), dan 5) Akses komoditas (menghilangkan barrier akses komoditas). Sehingga determinat kesehatan masyarakat perlu mengarisbawahi peran lingkungan, perbaikan dan penguatan perilaku sehat individu/keluarga/kelompok, dan peran pelayanan kesehatan di tingkat dasar hingga lanjutan.

Melalui Kampung Sehat, sebagai mitra pelaksana dari YPMAK sebagai rekan sekerja dengan Dinas Kesehatan maupun lintas sektor terkait kesehatan dalam membantu membenahi tata kelola pelayanan kesehatan dasar, penyediaan dan peningkatan kapasitas sumber daya kesehatan serta mendampingi masyarakat kunci untuk meningkatkan kesadaran dan self confident sebagai agen perubahan menuju Masyarakat Sehat dan Mandiri.

Gambaran umum program Kampung Sehat YPMAK berorientasi pada out came atau Goal pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau dan terintegrasi.

Terciptanya kondisi masyarakat sehat dengan prisip dan tujuan SGDs di Kabupaten Mimika melalui pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau dan terintegrasi. Antara lain:

  1. Terlaksananya Advokasi, Penguatan layanan dasar dan Penguatan sumberdaya manusia
  2. Perbaikan kesehatan Ibu Anak dan Gizi
  3. Pengendalian penyakit menular (AIDs, TB, Malaria, Kusta, Faliriasis dan Covid-19)
  4. Pengedalian penyakit tidak menular
  5. Kepemilikan Jaminan Kesehatan BPJS
  6. Perbaikan Hegiene dan sanitasi Lingkungan

Audiensi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dan YPMAK dilakukan pada Hari Rabu, 26 Januari 2022 di Gedung MPCC YPMAK, dengan maksud dan tujuan antara lain:

  1. Memberikan informasi atas mandatory yang amanatkan oleh mitra donor (YPMAK) kepada Pelkesi Wilayah V untuk melalukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pesisir dan pegunungan.
  2. Pelkesi telah membentuk team Implementor yang profesional sesuai dengan standar spesifikasi kesehatan yang berlaku yakni KAMPUNG SEHAT YPMAK.
  3. Team Kampung Sehat YPMAK melakukan intervensi pelayanan di 5 Distriik, 10 Kluster atau 19 kampung
  4. Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika menerima rencana kerja Tim Kampung Sehat YPMAK terintegrasi dengan Klinik Bergerak untuk sebuah komitment kolaboratif program.
  5. Komitment kolaborasi program akan di tuangkan dalam NOTA KESEPAHAMAN dan di tandatangani bersama.
  6. Nota kesepahaman akan di tindak lanjuti dalam Sosialisasi dan workshop bersama untuk mensinegikan program kerja Kampung Sehat YPMAK bersama Program Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika di pedalaman/Wilayah intervensi Kampung Sehat YPMAK
  7. Sosialisasi dan workshop program Implementasi yamg bersifat kolaboratif akan tertuang dalam Rencana Kerja Bersama. (jimmy rahadat/miskan)

 

537 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika