Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Tim TP2K Tuntaskan Sosialisasi dan Pembentukan Pokja Program Kampung

Rabu, 03 November 2021

TIMIKA – Program Kampung merupakan salahsatu program yang dijalankan oleh Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) dan diperuntukan bagi masyarakat Amungme dan Kamoro yang berada di kampung-kampung pegunungan dan pesisir Mimika.

Pada pelaksanaannya, dari YPMAK yang mengelola Program kampung adalah Tim Pengelola Program Kampung (TP2K) sedangkan dari mayarakat yaitu Tim Kelompok Kerja (Pokja).

Dalam menjalankan program ini, TP2K YPMAK telah melaksanakan sosialisasi dan pembentukan pokja di kampung-kampung sasaran program. Terdapat 58 kampung di pesisir dan 32 kampung di pengunangan Mimika.

Pertamakali Progam Kampung diluncurkan pada bulan Juli 2021 lalu diikuti dengan kegiatan sosialisasi sekaligus pembentukan tim pokja dan akhir Oktober 2021 Tim TP2K telah menyelesaikan kegiatan tersebut baik untuk wilayah pegunungan maupun di pesisir.

Lamanya waktu yang dibutuhkan dalam pembentukan tim pokja oleh karena sulitnya medan yang harus dilalui dan untuk dapat mencapai kampung sasaran program misalnya di pegunungan, hanya dapat ditempuh melalui transportasi udara (helicopter) sementara untuk kampung di pesisir hanya dapat dijangkau melalui transportasi laut.

Kampung-kampung di Distrik Mimika Barat Tengah dan Distrik Mimika Barat Jauh merupakan kampung terakhir dilaksanakannya sosialisasi dan pembentukan pokja, sementara untuk dataran tinggi juga telah selesai dan kampung terakhir yang dikunjungi yaitu Kampung Duma Dama.

Wakil Direktur Program YPMAK, Nur Ihfa Karupukaro mengatakan saat sosialisasi Program Kampung YPMAK itu bertujuan untuk membangun kesadaran warga mencintai dan membangun kampungnya sendiri. Manfaat ekonomi untuk menambah penghasilan warga serta manfaat program dirasakan oleh warga kampung itu sendiri.

“Jadi dengan adanya program ini, YPMAK berharap masyarakat cinta kampung, kita bangun kampung dan jadikan kampung ini luar biasa,”katanya.

Selain itu, dalam menjalankan program kampung, masyarakat diharapkan agar menggunakan sumber daya alam di sekitar kampung dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan telah disepakati oleh masyarakat.

Wadir YPMAK Nur Ihfa Karupukaro menambahkan, YPMAK sebagai pengelola dana kemitraan dari PT Freeport Indonesia berharap, warga rajin membangun kampung karena dampaknya dirasakan oleh warga itu sendiri. Kampung menjadi indah, bersih dan semakin maju.

Ke depan masing-masing kampung akan dievaluasi, baik keberhasilan program maupun kinerja Pokja Kampung yang terdiri dari unsur perwakilan aparat kampung, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan. Evaluasi akan menentukan keberlanjutan Program Kampung YPMAK di setiap kampung untuk periode selanjutnya.

Rombongan tim sosialisasi program kampung dipimpin Wakil Direktur Program YPMAK Nur Ihfa Karupukaro, Kepala Divisi Program Sosial Ekonomi, Billy Korwa juga Kepala Divisi Monitoring dan Evaluasi Program Kesehatan, Ryana Wadibar dengan sejumlah staf YPMAK lainnnya juga perwakilan Lemasko Edy Takati.

Kegiatan sosialisasi dan pembentukan di Distrik Mimika Barat Tengah dan Distrik Mimika Barat Jauh juga dirangkai dengan kegiatan Rapid Survey Fasilitas dan Layanan Kesehatan oleh Tim dari Divisi Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan. (miskan/tora imanuel)

https://www.ypmak.or.id/2021/07/05/ypmak-dan-dinkes-mimika-gelar-pelatihan-enumerator-rapid-survey/

https://www.ypmak.or.id/2021/11/03/pembentukan-pokja-program-kampung-di-distrik-mimika-barat-tengah-dan-distrik-mimika-barat-jauh/

751 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media



Galeri Foto

Publikasi Pelaksanaan Program
Melalui Gambar

Galeri Video


Peta Kantor YPMAK


Alamat Kantor :
Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika – Papua Tengah Kode Pos 99910

Email : humas@ypmak.or.id




Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua
Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika