Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Timika Expo PON 2021 Selesai, YPMAK Beli Produk dan Beri Bantuan Transportasi


Timika – Ratusan pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) ramaikan Timika Expo di Lapangan eks Pasar Swadaya, Jalan Yos Sudarso pada 6-15 Oktober 2021. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Pemasaran SUB PB PON Kluster Mimika.

Timika Expo 2021 juga dimeriahkan dengan Festival Budaya Amungme-Kamoro (Amor) diantaranya tarian tradisional Suku Amungme dan Kamoro yang ditampilkan oleh sanggar tari masyarakat. Selain itu drum band dari Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP), festival bakar batu dan pada saat pembukaan masyarakat dihibur oleh artis Mitha Talahatu.

Bidang pemasaran Sub PON Kluster Mimika menggandeng Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro dan PT Freeport Indonesia untuk menjadi sponsor utama.

Sebagai pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia, YPMAK menampilkan dan menjual berbagai macam produk hasil usaha binaan Divisi Ekonomi berupa, ukiran, anyaman, keripik, makanan olahan sagu, tepung sagu dan telur.

Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkan penjelasan mengenai program permberdayaan masyarakat yang dijalankan oleh YPMAK, selain itu pengunjung juga dapat membeli hasil usaha kelompok binaan.

Kolaborasi pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dan YPMAK pada saat Timika Expo diantara yaitu, Pemda Mimika menyediakan tenda sedangkan YPMAK menyiapkan panggung untuk masyarakat yang berjualan, sehingga pada saat hujan stand tetap kering dan nyaman.

Tak hanya itu, YPMAK juga memberikan bantuan makan siang dan snack kepada masyarakat yang menjual hasil usaha di stand pameran untuk menambahkan makanan yang telah disiapkan oleh panitia.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab Mimika, Ida Wahyuni yang juga Ketua Bidang pemasaran Sub PON Kluster Mimika mengatakan ada sekitar 160 pelaku UMKM yang terlibat di Timika Expo ini.

“Mereka memamerkan handicraft, olahan makanan, obat (sarang semut) dan lainnya,” kata Ida Wahyuni.

Selain itu, Ida berharap dengan mengikuti Timika Expo produknya mereka lebih dikenal bukan hanya oleh masyarakat Timika, tapi masyarakat di luar Timika.

Penutupan Timika Expo 2021

Pada Kamis, 14 Oktober 2021, Timika Expo PON XX resmi berakhir dan ditutup oleh Ketua Bidang pemasaran Sub PON Kluster Mimika, Ida Wahyuni. Dalam sambutanya, Ida mengucapkan banyak terima kasih buat sponsor dan masyarakat yang turut berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Program YPMAK, Nur Ihfa Karupukaro mengatakan dalam sambutannya, YPMAK selalu mendukung pemerintah dalam melaksanakan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di Mimika.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintan Kabupaten Mimika atas kesempatan dan kerjasama dalam kegiatan ini, YPMAK selalu mendukung pemerintah dalam memajukan masyarakat di Kabupaten Mimika dan juga buat PT Freport Indonesia yang bersama-sama menyukseskan kegiatan ini, Kami berharap kegiatan ini dapat digelar kembali pada tahun-tahun yang akan datang,” kata Nur Ihfa seraya menambahkan rasa bangga dan terima kasih atas partisipasi masyarakat yang datang dari kampung-kampung membawa produknya untuk dijual di Timika Expo PON XX.

Usai penutupan kegiatan, para peserta pameran terlihat mengemasi barang untuk kembali ke rumah meraka. Sebagai bentuk tanggungjawab dan perhatian YPMAK kepada masyarakat, YPMAK membeli beberapa hasil usaha dan kerajinan yang dijual, selain itu juga menyediakan transportasi yang akan mengantarkan masyarakat ke kampung mereka masing-masing. (miskan)

Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK



Publikasi Terbaru



Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

YPMAK News


Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid



Copyright © 2021 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika