Susun Visi dan Misi, YPMAK Gelar Lokakarya “Menuju YPMAK 2041 yang Berkelanjutan”

YPMAK Timika – Papua | 25 Maret 2021


Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menggelar Lokarkarya Visi dan Misi “Menuju YPMAK 2041 yang Berkelanjutan”. Kegiatan ini bertujuan untuk memahami maksud dan tujuan YPMAK dan menjabarkan ke dalam berbagai kalimat visi misi YPMAK yang inspiratif dan mengugah semangat dimana visi misi tersebut diambil dari hasil lokakarya, selain itu juga untuk meningkatkan dukungan dan rasa kepemilikan para pemangku kepentingan YPMAK dalam pelaksanaan program yayasan di masa yang akan datang.

Visi adalah sesuatu yang didambakan untuk dimiliki di masa depan. Visi menggambarkan aspirasi masa depan tanpa menspesifikasi cara-cara untuk mencapainya, visi yang efektif adalah visi yang mampu membangkitkan inspirasi.

Visi adalah gambaran masa depan yang akan dipilih dan yang akan diwujudkan pada suatu saat yang ditentukan.

Sementara Misi adalah bentuk yang didambakan di masa depan dan merupakan sebuah pernyataan yang menegaskan visi lewat pilihan bentuk, atau garis besar jalan yang akan diambil untuk sampai pada visi yang telah lebih dulu dirumuskan.

Dalam prosesnya, kegiatan penyusunan kalimat Visi dan Misi YPMAK ini melibatkan para pemangku kepentingan dan dilaksanakan secara partisipatif dalam sebuah lokakarya yang dilaksanakan pasa hari Selasa (23/3) dan Rabu (24/3/2021) di Gedung Serba Guna MPCC Timika.

Lokakarya ini diikuti oleh perwakilan dari para pemangku kepentingan terdiri dari : PT Freeport Indonesia, Pemerintah Daerah Mimika, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh agama dan perwakilan dari Lemasa dan Lemasko.

Pelibatan para pemangku kepentingan ini menjadi penting agar kemudian YPMAK dalam menjalankan mandatnya, mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan.

Dalam sambutan saat pembukan Lokarya VP Community Economic Development, Nathan Kum yang juga Ketua Pembina YPMAK mengatakan, Yayasan ini harus memiliki visi dan misi yang bisa memajukan masyarakat kedepan.

“Mari kita jangan lihat kebelakang tapi lihat kedepan untuk bisa memasukan ide, pikiran, bagaimana sama – sama jalankan YPMAK, untuk membawa perubahan memperdayakan masyarakat dengan baik,” kata Nathan.

Dirinya meminta semua yang hadir bersama agar menemukan visi dan misi yang tepat, agar membawa program – program yang akan dilakukan oleh YPMAK 20 tahun kedepan.

“Mari kita sama-sama jangan pikir yang lalu tapi fokus ke depan sama-sama duduk di sini membantu untuk susun sama – sama visi dan misi ke depan, dan bukan hanya sebentar tapi visi – misi ini untuk 20 tahun kedepan,” pungkasnya.

Direktur YPMAK, Vebian Magal menyampaikan bahwa perubahan LPMAK menjadi YPMAK mulai dari tanggal 18 Desember 2019, sehingga jika dihitung hadirnya YPMAK sesuai akta notaris adalah 1 tahun 3 bulan. Namun, jika dihitung sejak pengalihan hak administrasi lembaga adalah sejak 24 Maret 2020.

“Kami pengurus baru satu tahun, karena aktif tanggal 24 Maret 2020,” kata Vebian.

Menurut Vebian, pihaknya mengundang semua unsur yang penting hadir bersama menyusun visi dan misi karena YPMAK adalah lembaga yang besar, sehingga tidak cukup hanya sekelompok orang yang kemukakan visi dan misi, lalu layani masyarakat di Kabupaten Mimika yang jangkauannya luas.

YPMAK sama dengan LPMAK yang melayani program pendidikan, ekonomi dan kesehatan, sehingga harus ada visi dan misi untuk berjalan kedepan dengan tujuan yang jelas dan tepat.

Karena YPMAK dijamin oleh komitmen besar dari PTFI yang tidak jauh dari program pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Hari ini kami undang bapak dan ibu untuk diskusikan mimpi, harapan atau cita – cita yang dalam 20 tahun kedepan apa yang harus diperjuangkan oleh YPMAK. Lalu konsultan akan lihat harapan, lalu merumuskan, sehingga benar benar harapan kita kedepan yayasan ini beri pelayanan yang prima kepada masyarakat,” kata Vebian.

Sehingga yayasan ini kedepan bukan saja sekelompok orang yang punya mimpi, tetapi yayasan bersama punya mimpi dan harapan akan berjuang mewujudkan 20 tahun kedepan, sehingga bisa menemukan kemajuan kedepan, tambahnya.

Lokarya ini difasilitasi oleh Konsultan PT Safaro World. (miskan)

 



Radio Online YPMAK
Media Sosial Kami
Twitter YPMAK

YPMAK Fanpage

SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.ypmak.or.id
Facebook : ypmak
Twitter : @ypmak_
Website: ypmak.or.id
Peta Lokasi