YPMAK Kembali  Salurkan Paket Sembako Kepada Warga Korban Banjir

YPMAK Timika – Papua | 16 Oktober 2020


YAYASAN Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) sebagai  pengelolah Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) turut berpartisipasi membantu warga Kabupaten Mimika yang mengalami musibah banjir beberapa waktu lalu.

Partisipasi YPMAK untuk meringankan beban warga yang terkena dampak banjir itu berupa pemberian bantuan paket sembako.

Bantuan sosial kemanusiaan dari YPMAK ini dikhususkan bagi warga yang terkena dampak banjir di tiga tempat yaitu, Kampung Iwaka, Kampung Nainamuktipura (SP6) dan warga di sekitar area PT. PAL Jalan Trans Nabire.

Bantuan bahan makanan tersebut pada Jumat (9/10) disalurkan kepada warga di dua tempat yaitu Kampung Iwaka dan Kampung Nainamuktipura. Pada Sabtu (10/10) kembali disalurkan lagi paket sembako untuk masyarakat yang bermukim di area PT.PAL.

Bantuan sembako yang terdiri dari beras, telur, supermi, minyak goreng, gula, kopi, penyedap rasa, garam dan daun teh tersebut diserahkan oleh pimpinan YPMAK yang diwakili oleh Feri Magai Uamang, Kepala Devisi Humas.

“Kami dari YPMAK memberikan sedikit bantuan kepada bapak dan ibu yang terkena dampak bencana banjir. Ini yang dapat kami berikan dan kami berharap meskipun tidak banyak tetapi bisa dibagikan kepada warga yang terdampak sehingga bisa sedikit meringankan beban warga,” kata Feri Magai Uamang.

Paket sembako yang dibagikan untuk warga di tiga kampung tersebut masing-masing sebanyak 75 paket. Kadiv Humas YPMAK, Feri Magai Uamang mengatakan, bantuan tersebut tidak hanya dikhususkan untuk warga tujuh suku saja tetapi untuk semua warga yang terdampak. Namun ia berharap dalam pembagiannya dapat mengutamakan warga tujuh suku.

Mewakili warga kampung, Kepala Kampung Iwaka, Kanisius Awiyuta, mengucapkan terima kasih kepada YPMAK atas bantuan yang diberikan tersebut. Ia memastikan, bantuan yang diberikan tersebut akan sampai ke warga yang berhak mendapatkannya.

“Terima kasih kepada YPMAK, dan saya pastikan akan salurkan bantuan ini kepada warga,” Ucapnya.

Hal Senada dengan Kepala Kampung Iwaka, Sekretaris Kampung Nainamuktipura (SP6) Lalu Sukri Rahman juga mengucapkan terima kasih kepada YPMAK. Ia berharap Tuhan akan membalas apa yang YPMAK telah lakukan untuk warganya di Kampung Nainamuktipura.

“Kami atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada YPMAK. Kami tidak bisa membalas kebaikan bapak, ibu dari YPMAK namun kami percaya Tuhan yang akan membalasnya. Kami dari perangkat kampung akan membagi bantuan ini sehingga warga yang terdampak bisa menerimannya,” Katanya. ( Martinus Pigome/ Jimy)



Radio Online YPMAK
Media Sosial Kami
Twitter YPMAK

YPMAK Fanpage

SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.ypmak.or.id
Facebook : ypmak
Twitter : @ypmak_
Website: ypmak.or.id
Peta Lokasi