Bagi Bama untuk Warga, Kepala Suku Moni: Terimakasih YPMAK

YPMAK Timika – Papua | 08 Juli 2020


TIMIKA-Kepala suku Moni Kabupaten Mimika, Thobias Kogobau mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) yang telah membantu masyarakat tujuh suku dengan memberikan bahan makanan (bama) selama masa pandemi covid-19.

“Terimkasih YPMAK untuk bantuan bahan makanan bagi masyarakat tujuh suku” kata Thobias Kogobau di sela-sela pembagian bama dari YPMAK di wilayah Timika Indah, Selasa (29/04).

Thobias Kogobau mengapresiasi PT. Freeport Indonesia di tanah Mimika yang memberikan kontribusi termasuk melalui YPMAK, pengelolah dana kemitraan PT Freeport yang terus memperhatikan kesejahteraan rakyat termasuk di masa pandemi covid-19.

“Kami berharap kedepan apabila ada bantuan dari PT. Freeport Indonesia melalui YPMAK mesti ada tim sosialiasasi untukmendata dii lapangan sehingga masyarakat yang benar-benar tidak mampu ikut dapat bagian,” harapnya.

Sementara itu, Simson Sanampa mengaku banyak masyarakat sudah lama menanti bantuan dari pihak pemerintah maupun lembaga akibat pandemi yang membatasi aktifitas masyarakat untuk mencari nafkah.

“Kami bersyukur hari ini bisa menerima bantuan berupa bama dari PT. Freeport Indonesia melalui YPMAK sehingga semua masyarakat mendapat bagian dan terbantu,” ujarnya.

Selama masa pandemi covid-19 yang mengakibatkan pembatasan aktifitas warga termasuk masyarakat tujuh suku di Timika, YPMAK sebagai pengelolah dana kemitraan PT Freeport ambil bagian dalam mendukung program pemerintah yaitu tinggal di rumah.

Bahan makanan yang diberikan YPMAK kepada secara khusus warga tujuh suku di Timika diharapkan membantu masyarakat untuk menyukseskan kebijakan pemerintah terkait tinggal di rumah. Dengan demikian mata rantai penyebaran covid-19 dapat segera terwujud.

YPMAK mengalokasikan anggaran sebesar kurang lebih Rp9 miliar rupiah untuk bantuan bama pada tahap pertama ini dan menyasar warga tujuh suku di sebanyak 47 titik. (Martinus Pigome)



Radio Online YPMAK
Media Sosial Kami
Twitter YPMAK

YPMAK Fanpage

SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.ypmak.or.id
Facebook : ypmak
Twitter : @ypmak_
Website: ypmak.or.id
Peta Lokasi