Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

YPMAK Turut Serta dalam Pengendalian Penyakit Malaria, TB, HIV dan Penyakit Menular Lainnya di Mimika


Petugas Kesehatan dari Program Kampung Sehat mengambil sampel darah untuk pemeriksaan malaria di Kampung Mioko. (IST)

Penyakit Malaria  merupakan penyakit endemis di Papua, Penyakit menular yang disebabkan oleh parasite Plasmodium ini menyebar lewat gigitan nyamuk yang terinfeksi parasite.

Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat menimbulakan komplikasi berat dan berujung pada kematian.

Dalam upaya mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dalam penanganan malaria, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola Dana Kemitraan PT. Freeport Indonesia turut serta melaksanakan program pengendalian malaria.

Pada tahun 2022 Divisi Kesehatan YPMAK, tercatat telah melakukan beberapa kegiatan Pengendalian Malaria, TB, HIV dan Penyakit Menular Lainnya, seperti dikutip dari laporan akhir kegiatan tersebut diantaranya:

Penyemprotan rumah atau Indoor Residual Spraying (IRS) di sebanyak 7.977 rumah di Kota Timika. Sementara IRS di kampung sasaran program Kampung Sehat belum dilakukan lantaran terkendala pada sisi manajemen mitra dalam pengadaan material program.

Edukasi bahaya dan pencegahan penyakit, bagi 8.875 peserta di Kota Timika, dan 332 peserta di kampung.

Selain itu YPMAK bersama mitra pelaksana yaitu Pelkesi Wilayah V, juga melakukan survei darah massal, menjaring 1.680 orang di Kota Timika, dan 2.247 warga di kampung. Deteksi kasus pasif sebanyak 276 orang di kota, dan 887 orang di kampung. Pengawasan kepatuhan minum obat Malaria bagi 276 orang di kota, dan 469 warga di kampung.

YPMAK juga melakukan penjaringan kasus penyakit menular lainnya, hasilnya penjaringan kasus TB pada 536 warga di kampung serta penjaringan kasus HIV 29 orang di kampung.

Pengendalian penyakit menular ini bagian dari Program Kesehatan YPMAK yang dikemas dalam Program Kampung Sehat yang terintregasi dengan Klinik Bergerak dimana dalam pelaksanaannya di implementasikan oleh Pelkesi Wilayah V Timika. (tora/miskan)

 

685 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK




Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

YPMAK News


Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika