Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Program Kampung YPMAK Dinikmati Warga Kampung Pesisir


Tim Program Kampung YPMAK foto bersama Pokja Kampung Mupuruka, Distrik Mimika Barat Tengah, Mimika. (TORA/YPMAK)

Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan PT. Freeport Indonesia, semakin serius menjalankan program barunya yaitu, Program Kampung YPMAK. Di mana manfaatnya diakui warga dirasakan langsung oleh mereka yang tinggal di kampung-kampung pesisir dan pegunungan.

Pada 18-24 Oktober 2022, tim YPMAK pesisir bagian barat telah menyambangi 14 kampung guna kelanjutan program yaitu dengan melakukan pembaharuan kontrak Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan masing-masing tim Pokja Kampung, sekaligus juga melakukan monitoring evaluasi terhadap hasil pekerjaan. Kunjungan selama 1 minggu penuh ini juga sekalian meninjau program Kampung Sehat YPMAK dan pendataan marga warga pesisir serta pendataan BPJS Kesehatan bagi warga kampung.

Adapun kampung-kampung yang dikunjungi di arah bagian barat Mimika, mulai dari Potowaiburu, Yapakopa, Aindua, Tapormai, Umar Ararau, Pronggo, Kipia, Mapar, Akar, Wumuka, Kapiraya, Wakia, Mupuruka dan Uta.

Dalam arahannya, Wakil Direktur Program YPMAK, Nur Ihfa Karupukaro, mengungkapkan maksud kedatangannya ke kampung-kampung itu untuk mengecek tingkat kepuasan masyarakat terhadap hasil Program Kampung YPMAK juga untuk menilai kinerja tim Pokja Kampung, apakah bekerja dengan baik atau tidak. Hal ini akan berimbas pada penandatanganan kontrak kerja di tahun selanjutnya.

Ihfa mengatakan, karena sempitnya waktu tersisa di periode tahun 2022 ini, maka pendanaan program kampung di tahun 2022 ini setengahnya akan digunakan untuk pengadaan perahu viber dan mesinnya, sementara setengahnya lagi digunakan untuk pendanaan program kampung. Pengadaan perahu ini sejalan dengan usulan mayoritas tim Pokja kampung saat mengikuti Bimtek di Timika sebelumnya. Mereka mengeluh sulitnya transportasi dari kampung ke kota.

“Kalau masyarakat setuju, maka setengah dari dana program kampung untuk pengadaan perahu dan mesinnya, mengingat waktu tinggal 2 bulan lagi. Setengahnya untuk pendanaan program di kampung,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembiayaan program kampung di tahun selanjutnya akan lebih diarahkan kepada kegiatan yang bermanfaat ekonomi berkelanjutan bagi warga. Seperti misalnya pendirian koperasi yang akan membawa manfaat besar bagi warga di kampung, dalam mendistribusikan hasil nelayan maupun untuk membeli kebutuhan hidup.

“Untuk tahun 2023 depan kita tidak lagi sekedar kebersihan dan keindahan kampung. Itu sudah jadi tanggung jawab masyarakat untuk jaga lingkungan. Kita akan membuat suatu jenis usaha yang membawa pendapatan bagi masyarakat kampung. Seperti misalnya koperasi kampung. Mama-mama cari karaka (kepiting) nanti datang jual di koperasi. Koperasi kasih uang, nanti bisa membeli barang juga di koperasi,” ungkapnya.

Diharapkan kehadiran koperasi di kampung dapat menggerakkan roda perekonomian kampung. “Bisa bikin minyak kelapa, bawa sabut kepala kering jual di koperasi. Nanti koperasi bisa sediakan (jual) es batu, minyak dan kebutuhan lainnya. Juga bisa jadi koperasi simpan pinjam. Kita bisa buat bank link, supaya pergerakan ekonomi di kampung jalan, hidup, tidak mati,” ujarnya bersemangat.

Ketua Bamuskam Kampung Kapiraya, Berti Hiripo, menilai Program Kampung YPMAK sangat bermanfaat bagi warga dalam membangun kampung. Disinkronkan dengan penggunaan Dana Desa, ia merasa pembangunan bisa berjalan lebih maksimal.

“Kami melihat dana yang diturunkan dari YPMAK, penggunaan sangat baik, dan dinikmati oleh masyarakat Kampung Kapiraya. Pembangunan bisa jadi maksimal,” ungkapnya.

Menurutnya, perencanaan program dari Tim Pokja bisa diselaraskan dengan program pemerintah desa sehingga terjadi penguatan pembangunan kampung. Tak lupa ia mengucap terima kasih kepada Freeport melalui YPMAK yang telah menurunkan program yang dirasakan manfaatnya langsung oleh warga di Kampung Kapiraya.

“Sebagai pemerintah kampung, kami mendukung kegiatan yang diturunkan oleh YPMAK. Kami sudah mengadakan pekerjaan sesuai dengan RAB yang dibawa oleh Tim Pokja. Sekaligus mewakili kepala kampung mengucap terima kasih kepada YPMAK dan Freeport atas program ini,” tutupnya.

Adapun dari pembaharuan kontrak kerja sama (PKS) Pokja Kampung YPMAK bagian barat, menyisakan Kampung Wumuka dan Mapar yang belum menandatangani, sehubungan dengan adanya pergantian Tim Pokja diusulkan oleh masyarakat. (Tora)

364 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK




Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

YPMAK News


Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika