Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Michael Wantik, Ketua Pokja Program Kampung Irigasi 2 hingga Sp 1


Ketua Michael Wantik, Sekretaris Yulius Kwalik, dan Bendahara Johnny Murib foto bersama Ketua TP2K Dataran Tinggi, Johana Saidui. (miskan/ypmak)

TIMIKA – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Program Kampung Dataran Tinggi di wilayah perkotaan, Rabu (22/5/2024).

Ketua Tim Pengelola Program Kampung Dataran Tinggi (Highland) atau TP2K sekaligus Sekretaris YPMAK Johanna J. Saidui mengungkapkan, pada tahun 2024 ada tambahan 7 titik Pokja di wilayah kota.

Total keseluruhan kelompok kerja Program Kampung dataran tinggi di wilayah kota 14 pokja. Pembentukan pokja di kota untuk mengakomodir keinginan masyarakat Amungme yang berdomisili di wilayah perkotaan agar ikut merasakan manfaat dari Program Kampung YPMAK.

Untuk diketahui Program Kampung YPMAK wilayah dataran tinggi, pada saat diluncurkan diperuntukkan bagi masyarakat Amungme yang berdomisili di kampung-kampung dataran tinggi Mimika.

Namun seiring berjalannya waktu, YPMAK menjalankan Program Kampung dataran tinggi di wilayah kota karena banyak masyarakat Amungme yang berasala dari dataran tinggi sudah berdomisili di wilayah kota Timika.

Dalam sosialisasi dan pembentukan Program Kampung, Johanna menjelaskan, tim Pokja terdiri dari 3 anggota yakni ketua, sekretaris, bendahara, ditambah 4 anggota koordinator wilayah.

“YPMAK tidak punya wewenang apapun dalam proses pemilihan (Pokja) ini, semua (proses pemilihan anggota) tergantung kepada bapak, ibu,” ungkapnya saat memberikan sambutan dalam pembentukan pokja baru di wilayah Irigasi dua hingga SP 1, Distrik Wania.

Ia melanjutkan, setiap Pokja akan menerima anggaran untuk melaksanakan programnya sebesar Rp300 juta. Kemudian selain pemilihan, program pun harus ditentukan oleh masyarakat melalui proses musyawarah.

“Kegiatan (program Pokja) harus transparan ke masyarakat, nilai (yang dikelola Pokja) senilai 300 juta dalam satu kali masa jabatan. Nilai pekerjaan 240 juta, sisanya 60 juta operasional,” tuturnya.

Dalam pemilihan di Irigasi tersebut, masyarakat sepakat memilih Pengurus Pokja Irigasi 2 – Sp 1 dengan ketua Michael Wantik, sekretaris Yulius Kwalik, dan bendahara Johnny Murib.

Perwakilan Masyarakat di Irigasi Frans Aim mengungkapkan, ia ingin agar program pokja didiskusikan bersama dengan masyarakat, agar program dapat menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Pokja Irigasi 2 – Sp 1 Yulius Kwalik menegaskan, program kerja nantinya akan ditentukan melalui musyawarah. (miskan)

 

500 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK



Publikasi Terbaru



Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

YPMAK News


Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika