Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Dukung Pembinaan Anak-anak Amor, YPMAK Pinjamkan Gedung untuk Showroom Furniture


Deputy Program, Billy Korwa menandatangani berkas serah terima pinjam ruko yang akan digunakan oleh Yayasan Pengembangan Talenta Papua untuk showroom furniture hasil karya anak-anak Amungme dan Kamoro. (MISKAN/YPMAK)

Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) memberikan pinjaman gedung kepada Yayasan Pengembangan Talenta Papua (YPTP) untuk digunakan sebagai showroom produk-produk furniture yang dihasilkan anak-anak Amungme dan Kamoro.

Pemberian pinjaman gedung yang berada di Jalan Hasanuddin, Kabupaten Mimika, Papua Tengah ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan kunci oleh Kepala Divisi Sosial Ekonomi YPMAK, Fransiskus Wamang kepada Direktur YPTP Pr Didimus Kosal OFM, Jum’at (7/6/2023).

Fransiskus Wanmang mengatakan, peminjaman gedung kepada YPTP juga sebagai langkah YPMAK dalam melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Dimana, YPTP merupakan yayasan yang memberdayakan anak-anak Amungme dan Kamoro, dan mereka pun membutuhkan adanya dukungan.

“Kami harapkan (gedung) dipergunakan dengan baik untuk pengembangan YPTP,” kata pria yang akrab disapa Frans ini.

Deputi Program YPMAK, Billy E. Korwa menambahkan, sebenarnya sudah lama ada koordinasi untuk penyerahan bantuan peminjaman gedung dari YPMAK kepada YPTP. Namun adanya beberapa hal sehingga baru terlaksana di tahun ini.

Penyerahan gedung dilakukan setelah proses renovasi rampung. Apalagi gedung ini sangat representatif dan strategis untuk showroom dan memajang display dari produk-produk yang dihasilkan.

Diharapkan proses pembinaan di YPTP bisa terus berjalan, khususnya kepada anak-anak Amungme-Kamoro.

“Kedepan kalau ada-ada hal yang bisa dikoordinasikan untuk pengembangan lebih lanjut, maka akan dilakukan,” kata Billy.

Pembina YPTP, Abraham Timang mengatakan bahwa, YPTP didirikan untuk mendidik dan membina anak-anak Amungme dan Kamoro yang putus sekolah. Anak-anak itu perlu dirangkul untuk dibina agar dapat melakukan hal-hal yang positif, walaupun dalam pelaksanaannya masih serba kekurangan, namun semuanya bisa berjalan dengan baik.

“Sekarang YPTP sudah membina dan mendidik kurang lebih 20 anak. Semuanya dilatih untuk membuat furniture, seperti kursi dan sofa,” kata Abraham Timang.

Dari hasil pembinaan dan pelatihan, anak-anak telah menunjukkan bahwa mereka mampu dam memiliki keterampilan yang tinggi. Namun hasil dari produk-produk mereka yang berupa furniture masih terkendala tempat untuk menjual.

Karena itu, YPTP membutuhkan dukungan dari semua pihak, seperti YPMAK yang telah meminjamkan gedung untuk showroom furniture hasil karya anak-anak Amungme-Kamoro.

“(Gedung) akan kami gunakan sebaik mungkin, khususnya untuk pemasaran produk-produk. Kedepan kami harap YPMAK bisa menjadi mitra, sehingga YPTP (bisa) jadi binaan dari YPMAK,” ujarnya.

Pr Didimus Kosal OFM selaku Direktur YPTP mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada YPMAK yang sudah meminjamkan gedung untuk pemasaran produk anak-anak Amungme-Kamoro. Melalui gedung ini, produk-produk furniture karya anak-anak bisa terjual, apalagi bahan dan pembuatannya dari sangat bagus.

“Kami juga sangat membutuhkan dukungan dari YPMAK agar bisa melakukan pembinaan kepada anak-anak Amungme dan Kamoro,” katanya.

Usai penandatanganan berita acara dan penyerahan kunci secara simbolis, dilanjutkan dengan peninjauan produk-produk furniture hasil anak-anak binaan YPTP yang berada di Jalan Sosial. (*)

Kunjungan ke pusat produksi dan pelatihan Yayasan Pengembangan Talenta Papua. (MISKAN/YPMAK)

 

dikutip dari : https://seputarpapua.com/view/dukung-pembinaan-anak-anak-ypmak-pinjamkan-gedung-untuk-showroom-furniture-yptp.html

 

517 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK




Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

YPMAK News


Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika