Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro. Pengelola Dana Kemitraan                Pilih Bahasa : EnglishIndonesian

Alberto Wakerkwa : Beasiswa YPMAK Ringankan Beban Orang Tua


Alberto Pieter Wakerkwa, peserta beasiswa YPMAK di Universitas Sangga Buana Bandung. (MISKAN/YPMAK)

Manfaat Program Beasiswa yang disediakan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan dari PT. Freeport Indonesia, sangat terasa dampaknya bagi persiapan generasi emas Mimika menyongsong masa depan yang gemilang.

Seperti halnya yang diakui oleh Alberto Pieter Wakerkwa, yang sejak tahun 2018 mendapat pembiayaan dari program beasiswa YPMAK. Mahasiswa Jurusan Teknis Industri Universitas Sangga Buana Bandung itu mengungkapkan, awalnya ia berkuliah atas pembiayaan mandiri, dari orang tuanya. Ketika mendengar ada program beasiswa YPMAK, maka ia mendaftarkan diri dan lolos menjadi peserta beasiswa. Sejak semester ke-3, ia masuk dalam program pendanaan dari YPMAK.

“Saya melihat ada peluang, maka saya mencoba untuk mendaftarkan diri, agar bisa meringankan beban orang tua,” ujarnya saat pertemuan Divisi Pendidikan dan Monev Pendidikan dengan para peserta beasiswa di Kota Studi Bandung.

Hingga saat ini Alberto sudah menjalani semesternya yang ke-8 dalam perkuliahan, di mana ia akan diwisuda di Bulan Oktober 2022 depan.

Ia mengisahkan perjalanannya menjadi mahasiswa peserta beasiswa YPMAK. Mulanya ia terkendala karena memasuki suasana baru bersama peserta beasiswa YPMAK lainnya. Namun seiring waktu, rasa senasib sepenanggunan sebagai sesama perantauan muda yang belajar di tanah orang itu, menjadikan para peserta beasiswa di Bandung serasa seperti sebuah keluarga.

“Untuk permasalahan yang saya hadapi, adalah waktu awal saya kurang mengenal peserta lainnya. Tapi seiring waktu saya bisa menyesuaikan diri, dan bisa menjadi satu keluarga, sebagai penerima bantuan dari YPMAK dan Freeport,” ungkapnya.

Berto pun menganggap YPMAK sudah seperti orang tuanya, demikian pula Freeport sebagai pendonor dana kemitraan. Ia mengucap apresiasi terima kasihnya, atas segala ‘berkat’ yang telah diterimanya sehingga pendidikannya bisa berjalan mulus sampai saat ini.

“Saya ingin berterima kasih pada orang tua yang ada di YPMAK dan Freeport, sehingga saat ini saya bisa meyelesaikan studi saya S1, dan sebentar lagi saya akan wisuda di bulan oktober. Semua berjalan dengan baik, sekali lagi terima kasih,” tandasnya. (tora)

419 Tampilan
Bagikan ke Sosial Media

Profil YPMAK




Jajak Pendapat


Bagaimana tampilan baru website ini?

View Results

Loading ... Loading ...

YPMAK News


Peta & Alamat Kantor YPMAK


Gedung Kantor YPMAK

Jalan Yos Soedarso Timika, Mimika 99910 – Papua
Telepon : 0901–360290, 3260289

Gedung Kantor YPMAK

Jalan Ahmad yani No. 68A Timika, Mimika 99910 – Papua.

Email : humas@ypmak.or.id

Website: www.ypmak.or.id

Fb, Twitte, Instagram : @Ypmakid







Copyright © 2024 | YPMAK Timika – Papua | Semua berita dalam web ini menjadi hak cipta YPMAK Timika